Audio Mobil Terbaik: Intip Tips Memilih dan Jenisnya

7 min read

Audio mobil terbaik biasanya hanya ada di mobil-mobil mewah. Namun kini, kalian pun bisa memiliki audio mobil terbaik di dalam mobil kesayangan. Sound system mobil terbaik biasanya malah hasil dari modifikasi.

Merk audio mobil terbaik kini sudah banyak sekali beredar di pasaran. Keinginan orang untuk memiliki sound system yang mumpuni, membuat permintaan pasang audio mobil semakin sering.

Sound system mobil terbaik biasanya jadi hiburan tersendiri. Alunan suara yang keluar, menemani kalian sepanjang perjalanan. Lantunan musik favorit yang menggelegar, selain menambah semangat juga bisa menghilangkan kantuk saat berkendara.

Suara dari sound system akan jadi lebih baik jika diletakan di beberapa titik. Biasanya merk audio terbaik menempatkan speakernya di bagasi belakang, atau bahkan di pintu bagian dalam.

Sound system mobil terbaik, selain menjadi fitur hiburan untuk mobil. Juga bisa jadi daya tarik tersendiri. Terlebih jika mobil dipadukan dengan beberapa merk audio mobil terbaik.

Memilih audio mobil terbaik

Sebelum memilih audio mobil terbaik, sebaiknya perhatikan dahulu beberapa hal. Mulai dari audio yang dipilih, hingga mobil itu sendiri.  Untuk itu, berikut ada 6 tips memilih audio mobil.

1. Fitur audio

Pilihlah audio mobil terbaik yang memiliki fitur lengkap. Agar ketika musik disetel, kendali suaranya bisa diatur sendiri sesuai keinginan. Pilihlah audio yang ada fitur pengaturan treble, fade, balance, fungsi bas, hingga automatic level control.

Pilih juga audio yang paling lengkap, artinya bisa memutar musik  dalam format DVD, MP3, dan USB.  Kemudian, jangan lupakan juga cermat dalam memilih head unit.

Pilihlah yang sudah dilengkapi dengan rear, front, dan sub yang ada di belakang tape yang berguna saat Anda menggunakan amplifier agar kualitas suara yang dihasilkan lebih baik dan jernih.

2. Cek sound terlebih dahulu

Jika fiturnya sudah lengkap, kini yang harus diperhatikan selanjutnya adalah suara yang dihasilkan. Jangan sampai audio di dalam mobil hanya membuat bising, mengganggu bahkan pecah.

Setting dahulu suara yang keluar, mulai dari equalizer untuk sesuaikan balance suara. Kemudian cek kabel-kabel audio, adakah yang terbalik atau rusak saat pemasangan. Karena kabel juga membuat suara jadi kurang dinamis.

3. Sesuaikan sound dengan keinginan

Dalam audio mobil, speaker juga terbagi atas dua jenis yaitu coaxial dan split component. Coaxial sendiri memiliki sensasi audio yang menyatu.

Jenis ini memiliki midrange dan tweeter sekaligus yang terpasang di dalamnya. coaxial  kebanyakan digunakan pada speaker bawaan setiap mobil

Selanjutnya adalah split component yang bisa menghasilkan suara sesuai kemauan. Speaker jenis ini tweeter dan woofer nya terpasang terpisah. Sehingga, suara yang dihasilkan pun lebih memukau dan terasa nyata.

Dalam perkembangannya, split component speakers juga terbagi lagi atas dua tipe, yaitu 2-way dan 3-way. Pasang di dashboard dan nikmati sensasi musik dengan suara yang lebih hidup.

Audio Mobil Terbaik: Tips Memilih dan Jenisnya

4. Cek instalasi

Instalasi audio dalam mobil juga jadi hal paling penting. Jangan sampai pemasangan audio malah membuat kusut. Kabel berceceran dimana-mana, jika rusak atau putus maka suara juga ikut terganggu.

Untuk mendapatkan sensasi suara yang maksimal, merapikan instalasi mulai dari kabel berikan atau sembunyikan dalam tempat terlindung.

Lalu, gunakan juga bahan karet, atau bahan yang empuk lainnya untuk melindungi speaker. Sehingga ketika terjadi guncangan saat mobil melaju, audio tetap terjaga dan aman.

5. Frekuensi luas

Agar suara yang dihasilkan membahana dan menggelegar, pilihlah speaker dengan frekuensi 40 Hz ke bawah. Frekuensi yang rendah, menunjukan bahwa speaker tersebut lebih tahan terhadap suara yang rendah seperti musik rock.

Sedangkan sebaliknya, jika frekuensi di atas 40Hz, maka speaker tersebut kuat pada suara tinggi, misalnya lagu bersuara vokal tinggi. Manusia sendiri, batas frekuensi yang bisa diterima telinga adalah 20 Hz.

6. Power amplifier

Terakhir, pilihlah speaker yang kompatibel. Untuk itu sebelum memilih cek dulu nilai output dari power amplifier yang terpasang di mobil kalian. Kemudian cocokan dengan nilai input di bagian spesifikasi speaker-nya.

Semua harus sesuai antara yang bisa diterima mobil dan yang diberikan speaker. Rata-rata speaker memiliki output mulai dari 30 W sampai 150 W.

Rekomendasi merk audio mobil terbaik

Jika kalian adalah seorang bass head yang senang akan hentakan musik, tentu pasang sound system di mobil sangat direkomendasikan. Beberapa merk sound system mobil terbaik berlomba-lomba untuk menciptakan pengantar musik terbaik di mobil.

Berikut beberapa rekomendasi merk audio mobil terbaik, terbaru dan paling berkualitas.

1. Pioneer, merk audio mobil terbaik yang populer

Pioneer seperti namanya, merk audio mobil terbaik satu ini jadi pilihan pertama. Perangkat audio mobil dari Pioneer, dikenal memiliki kualitas yang tinggi, bahkan bisa jadi pilihan subwoofer terbaik.

Meskipun perangkatnya biasa digunakan untuk di rumah, namun Pioneer juga cocok untuk diletakan dalam mobil. Hal ini karena desain Pioneer sangat bagus sehingga menambah ganteng interior mobil.

Sebut saja, satu produk Pioneer TS F1634 yang dibekali 4 channel amplifier dan bisa diubah dalam dua mode channel dengan fitur berbeda. Satu salurannya memiliki kekuatan full speaker range, sedangkan satu salurannya lagi punya variabel filter unik.

Kelebihan Pioneer adalah kualitasnya yang baik, dengan harga yang terjangkau karena sudah 20 tahun dipercaya masyarakat. Selain itu dia memiliki 2 Way Speaker dengan kabel coaxial panjang 12 centimeter, dan didukung oleh power minimal 24 W maksimal 200 W.

Sedangkan kekurangan dari sound system Pioneer adalah ketahanan suaranya. Jika sudah mencapai penggunaan yang lama, suaranya menjadi pecah. Pioneer TS-F1634 dijual dengan harga Rp 250.000 – Rp 300.000.

Audio Mobil Terbaik: Tips Memilih dan Jenisnya
Audio Mobil Terbaik: Tips Memilih dan Jenisnya

2. Harman Kardon Onyx 4

Harman Kardon adalah salah satu merk sound system terbaik yang biasa digunakan baik untuk rumah tangga, kantor hingga audio mobil. Salah satu yang terbaik adalah Harman Kardon Onyx 4 yang bukan keluaran baru, namun hingga kini masih jadi merk audio mobil terbaik hingga saat ini.

Onyx 4 milik Harman Kardon memberikan hasil suara yang sangat baik. Harman Kardon Onyx 4 bisa jadi subwoofer terbaik untuk mobil. Bass dan treble dari perangkatnya sangat selaras, hentakannya keras dengan dentuman yang kencang namun tidak terlalu menyakitkan.

Meskipun keras dan dentumannya kencang, speaker ini masih aman untuk anak-anak. Selain itu kelebihan lainnya adalah, Harman Kardon Onyx 4 memiliki desain yang klasik namun tetap luxury. Materialnya awet terdiri dari perpaduan metal, plastik dan karet.

Merk audio yang sudah dikenal kualitasnya, namun banyak yang mengeluhkan dengan harga Harman Kardon.

Pasalnya semua seri harganya tidak bersahabat tapi memberikan kualitas premium. Bahkan harga paket audio mobil Harman kardon mencapai sepuluh juta rupiah.

Speaker ini juga cocok sebagai hiasan di rumah karena desainnya yang bagus. Sedangkan di mobil bisa diletakan saja, atau ditanam seperti subwoofer. Produk ini bisa terkoneksi dengan berbagai device karena bisa jadi wireless speaker.

Namun sayangnya Harman Kardon Onyx 4 biasanya dipakai oleh mobil kelas menengah ke atas. Hal ini karena harganya yang terlalu mahal, bahkan untuk set jadi audio mobil butuh dana puluhan juta.

Sebagai sound system mobil terbaik di kelasnya, Onyx 4 cukup berat yaitu mencapai 2 kilogram. Dan jika tidak dicolok langsung ke listrik, baterainya hanya awet sekitar 8 jam saja.

Jika berminat dengan speaker ini, Harman Kardon Onyx 4 dijual di harga Rp 1.950.000 – Rp 2.200.000 di beberapa marketplace.

3. Alpine 3 Way Rogers

Alpine 3 Way Rogers jadi audio mobil terbaik di peringkat ketiga pada artikel ini. Speaker asal negeri Sakura ini menawarkan system audio yang lengkap bagi mobil.

Bayangkan saja, dalam satu set salah satu merk audio mobil terbaik ini ada delapan buah speaker yang siap mengguncang perjalanan kalian.

Dari delapan speaker tersebut, terbagi atas dua speaker midbass dengan ukuran 6.5 inci dan midrange dua speaker ukuran 3 inci. Kemudian ada juga dua tweeter dome dengan grill metal, biasanya ditempatkan di dashboard depan.

Perangkat tersebut tentu sudah termasuk dua 3 Way passive yang jadi kendali utama. Selain itu 3 Way juga berfungsi sebagai network crossover

Meskipun jadi audio mobil terbaik dengan delapan speaker, Alpine 3 Way Rogers secara mengejutkan memiliki harga power audio mobil alpine cukup murah.

Audio Mobil Terbaik: Tips Memilih dan Jenisnya
Audio Mobil Terbaik: Tips Memilih dan Jenisnya

Speaker yang mengeluarkan tenaga hingga 40 watts dan frekuensi  60-20 Khz dan 90 d/b/w/n tetap punya kekurangan, yaitu suaranya pecah karena ukurannya yang terlalu kecil. Kemudian material juga kurang tebal, sehingga rentan rusak kalau kena benturan atau pun jatuh.

Di beberapa marketplace Alpine 3 Ways Rogers dijual dengan harga kisaran Rp 1.500.000. Cukup worth it untuk satu set speaker yang akan membuat tampilan interior mobil kalian semakin menyala.

4. Audio Mobil Kicker CVR-12

Sound system mobil terbaik kali ini datang dari merk Kicker CVR-12. Perangkat audio yang sudah ada sejak 1980, mempunyai banyak macam speaker. Namun, untuk yang paling laris jatuh pada produk Kicker CVR-12.

Speaker lengkap dengan harga murah ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang mencari audio mobil terbaik. Memiliki bentuk kotak klasik, berwarna hitam yang peletakannya tersembunyi namun memiliki suara yang mendebarkan.

Kicker CVR-12 memiliki kelebihan lainnya selain harga yang terjangkau, adalah kualitas suara yang dihasilkan halus dengan pengaturan volume yang bagus. Merk audio mobil terbaik ini, nyatanya membutuhkan daya yang tidak besar.

Selain itu, Kicker CVR-12 juga memiliki dua coil yang mampu menghasilkan 4 ohm coils. Penggunaan kecil mulai dari 50watt dan maksimal bisa 400 watts, dengan hasil frekuensi yang dikeluarkan hingga frekuensi suara 25 hingga 500 Hz.

Kekurangan speaker ini hanya satu, yaitu rangka luarnya yang cukup rentan. Sehingga ketika mobil mengalami goncangan besar, suara dalam speaker juga terpengaruh. Kicker CVR 1-12 bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 1.100.000.

5. Bose DS16F

Merk audio mobil terbaik selanjutnya jatuh pada Bose. Meski sering terlihat sebagai speaker Bluetooth, nyatanya Bose juga menjual perangkat audio untuk mobil. Salah satu yang paling laris adalah Bose DS16f yang sangat cocok menghiasi bagian bagasi mobil kalian.

Bose DS16F menawarkan sistem audio yang cukup bagus dengan harga terjangkau. Namun, mampu menghasilkan suara lebih bertenaga dan nyaring. Tidak mendengung dan pecah, cocok untuk audio internal tanpa perlu meredam tambahan.

Speaker ini membutuhkan daya 90 watt dan menghasilkan frekuensi maksimal 50 Hz. Sayangnya speaker ini memiliki bentuk yang cukup besar, sehingga hanya bisa diletakan di bagasi. Harga salah satu sound system mobil terbaik ini kisaran Rp 2.600.000.

Audio mobil terbaik dan mewah

1. Burmester, salah satu merk audio mobil terbaik

Sound system mobil terbaik kali ini datang dari speaker yang sering ditemukan dalam mobil Porsche dan Mercedes-Benz. Merk audio mobil terbaik ini asalnya dari Jerman. Sayangnya, Burmester hanya bisa digunakan untuk beberapa mobil yang spesifik saja.

Burmester hanya membangun output 3D dengan subwoofer 300 watt dan 12 speaker terkontrol. Dalam audio mobil yang luar biasa ini, kita dapat menemukan aspek baru dari musik tertentu dan detail dari instrumen.

Burmester Audiosysteme memang terlahir menjadi merk audio mobil terbaik yang diciptakan langsung oleh seorang musisi dan insinyur kelahiran Austria, Dieter Burmester. Soal kualitas, barang ini sudah sangat dipercaya dan sudah ada sejak 1977.

2. Monster

Selanjutnya adalah merk audio mobil terbaik asal negeri Paman Sam. Ialah Monster yang sudah ada sejak 1979, dan terkenal sebagai produsen kabel audio. Kini, Monster berkembang menjadi produsen barang elektronik hingga audio mobil.

Monster pantas disebut sebagai sound system mobil terbaik karena digunakan pada supercar seperti Lamborghini.

Gabungan speaker berkualitas tinggi dan amplifier yang dapat disesuaikan secara otomatis, sound system Monster dapat menghasilkan suara yang bebas distorsi.

Rasakan sensasi menikmati musik layaknya di studio. Suara yang jernih, natural namun tetap menggebu dan ceria.

3. Bowers & Wilkins

Namanya memang tidak familiar di Indonesia, namun Bowers & Wilkins sudah mendunia karena kualitas suaranya. Speakers asal Inggris ini, biasa digunakan pada mobil BMW, Jaguar, Volvo, hingga Maserati.

Merk audio mobil terbaik ini hadir dengan konfigurasi yang efisien dalam, dan biasanya memiliki 17 hingga 20 speaker dalam satu unit. Didukung oleh amplifier dengan daya jangkau sebesar 1.280 watt, musik terdengar jernih dan luar biasa.

Itulah beberapa merk audio mobil terbaik yang sering digunakan. Mulai dari harga hingga output suaranya, masing-masing audio mobil ini memiliki kelebihan masing-masing.

Ayo buat kalian yang kurang suka dengan sound system mobil yang masih bawaan pabrik. Tingkatkan kenyamanan saat berkendara dengan suara yang luar biasa. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil 

Mobil adalah salah satu aset berharga yang tidak boleh main-main dalam perawatannya. Pemilik harus senantiasa mengecek keadaan mesin, membersihkan body dan interior, serta memastikan keamanan komponen. 

Namun adakalanya kita tidak bisa menghindari risiko yang bisa menimpa mobil, misalnya tergores, tertabrak, hingga kecelakaan parah. Bayangkan kalau tergores sedikit saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk cat ulang mobil bisa ratusan ribu untuk satu panel. Tidak murah, kan? 

Nah, supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraan dengan pilihan asuransi mobil terbaik

Untuk mengetahui berapa premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan tiap bulannya, kamu bisa nih memanfaatkan kalkulator ini dari Ollaramlan.com.

Sebagai panduan, premi asuransi dihitung berdasarkan jenis asuransinya (all risk dan TLO), dan wilayah serta harga mobil.

Untuk beberapa kasus, jaminan perluasan juga dapat mempengaruhi harga premi asuransi mobil.

Pertanyaan terkait audio mobil terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *