Cek Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

1 min read

AC mobil tidak dingin bisa saja terjadi pada mobil kamu, penyebabnya beragam. Tidak sedikit orang menganggap bahwa penyebabnya adalah freon yang rusak. Nah, ternyata tidak hanya disebabkan oleh freon yang tidak berfungsi saja. 

Sebenarnya ada berbagai penyebab ac yang tidak berfungsi dan tidak memberikan kesukan di dalam mobil yang sebenarnya bisa kamu atasi kalau kamu segera membawanya ke bengkel.

Ketika pendingin mobil tidak berfungsi tetapi kamu tidak punya tabungan untuk mengeluarkan biaya servis AC, ada beberapa cara mengatasinya yang bisa melakukannya sendiri.  Tetapi kalau kamu sudah punya asuransi all risk, kamu bisa langsung membawa mobil ke bengkel agar bisa segera ditangani segera tanpa harus mengeluarkan banyak uang. 

Yuk, simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 

Penyebab AC mobil tidak dingin

Apakah kamu pernah mengalami AC mobil kamu tiba-tiba tidak dingin? Sebenarnya penyebab AC mobil tidak dingin bukan hanya karena masalah freon, tapi ada penyebab-penyebab lainnya juga. 

Jangan sampai tabunganmu terkuras habis karena biaya perawatan kendaraan di bengkel. Beli polis asuransi mobil syariah untuk mendapatkan jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Yuk, cari tau apa aja penyebab AC mobil tidak dingin berikut ini agar kamu bisa mengantisipasinya sejak awal.

1. Freon habis atau kurang

AC mobil yang tidak dingin biasanya disebabkan oleh freon yang habis atau kurang. Hal tersebut terjadi lantaran freon bocor pada bagian beberapa bagian seperti sambungan pipa, saft, hingga relief valve pada kompresor.

2. Fanbelt/drive belt putus

Fungsi fanbelt adalah mendistribusikan rotasi mesin ke kompresor. Mengingat fungsinya tersebut, ketika fanbelt putus maka kompresor tidak akan berputar. Hal tersebut akan menyebabkan tidak adanya sirkulasi pada freon. Dengan kondisi yang demikian, kabin mobil suhunya akan naik.

3. Motor extra fan mati

Proses kondensasi pada kondensor dibantu berkat adanya extrafan. Ketika extrafan mati atau tidak berputar dengan maksimal maka akan menyebabkan terjadinya proses kondensasi tidak berjalan dengan baik. Alhasil, AC mobil tidak dingin saat dinyalakan. Cobalah cek motor atau penggerak extrafan. Caranya cukup mudah yaitu dengan hanya dengan melihat kondensor apakah extrafan di dalamnya berputar atau mati ketika mobil kamu nyalakan.

4. Kompresor aus

Selanjutnya, penyebab AC mobil tidak dingin adalah kondisi kompresor AC mobil yang sudah aus dan jebol atau rusak. Keadaan ini bisa kamu perhatikan pada bagian sight glass apakah sudah menghitam. Jika warna hitam, maka bisa dipastikan bahwa receiver dryer atau expansion valve bermasalah. Penyebab lain penyumbang kompresor AC rusak adalah tekanan AC yang abnormal.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *