Harga Kijang Innova 2021 mulai dari Rp321 juta sampai Rp482 juta. Out of budget? Bisa buru Innova bekas!

5 min read

Kijang Innova merupakan mobil keluarga atau Multi-Purpose Vehicle (MPV) legendaris di Indonesia. Saat ini, harga mobil Kijang Innova di Jakarta mulai dari Rp 321 juta hingga Rp 482 juta.

New Kijang Innova kini tampil dengan desain eksterior dan interior yang lebih mewah. Beberapa fitur unggulan di dalam kabin yaitu tempat duduk penumpang yang lebih nyaman dengan captain seat untuk baris depan dan tengah, lampu premium yang teduh, dashboard elegan dengan lapisan panel kayu, dan layar 9 inci pada bagian dashboard yang dapat digunakan melalui sambungan USB atau bluetooth.

Berikut ini harga mobil Kijang Innova terbaru dan tips membeli mobil Innova bekas.

Harga mobil Kijang Innova

Tipe/varian New Kijang Innova Harga mobil Kijang Innova Tipe/varian New Kijang Innova Harga mobil Kijang Innova
Toyota New Kijang Innova 2.0 G M/T Rp321.100.000 Toyota New Kijang Innova TRD Sportivo V MT Rp411.950.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 Lux M/T Bensin Rp326.900.000 Toyota New Kijang Innova 2.0 Q Venturer Basic M/T Bensin Rp412.900.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 G A/T Rp339.500.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 Lux M/T Diesel Rp414.450.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 Lux A/T Bensin Rp345.300.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 V A/T Diesel Rp417.200.000
Toyota New Kijang Innova 2.4 G M/T Diesel Rp349.800.000 Toyota New Kijang Innova 2.0 Q M/T Rp423.300.000
Toyota New Kijang Innova TRD Sportivo G MT Rp359.150.000 Toyota New Kijang Innova 2.0 Q A/T Rp428.200.00
Toyota New Kijang Innova 2.4 G Lux M/T Diesel Rp360.350.000 Toyota New Kijang Innova 2.0 Q Venturer Basic A/T Bensin Rp431.300.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 V M/T Rp366.700.000 Toyota New Kijang Innova TRD Sportivo V AT Rp431.950.000
Toyota New Kijang Innova 2.4 G A/T Diesel Rp369.300.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 V Lux A/T Diesel Rp434.450.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 V Lux M/T Bensin Rp372.500.000 Toyota New Kijang Innova 2.0 Q A/T Rp443.600.000
Toyota New Kijang Innova TRD Sportivo G AT Rp380.650.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 Q Venturer Basic M/T Diesel Rp448.700.000
Toyota New Kijang Innova 2.4 G Lux A/T Diesel Rp381.850.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 Q M/T Diesel Rp461.000.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 V A/T Rp 384.700.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 Q Venturer Basic A/T Diesel Rp468.500.000
Toyota New Kijang Innova 2.0 V Lux A/T Bensin Rp390.500.000 Toyota New Kijang Innova 2.4 Q A/T Diesel Rp482.600.000
Toyota New Kijang Innova 2.4 V M/T Diesel Rp399.000.000    
Toyota New Kijang Innova 2.0 Q M/T Rp407.900.000    

Kelebihan dan kekurangan New Kijang Innova

Kijang Innova adalah buatan Toyota Motor Corporation yang diproduksi di Indonesia oleh Toyota-Astra Motor sejak tahun 2004. 

Mobil legendaris ini banyak digunakan masyarakat karena kenyamanannya. New Kijang Innova bisa jadi pilihanmu jika berminat beli mobil di tahun 2021 ini. Ada sederet kelebihan pada New Kijang Innova, antara lain sebagai berikut.

Kabin yang nyaman dan luas

Ciri khas mobil MPV atau mobil keluarga adalah ruang kabinnya yang luas, begitu pula pada ruang kakinya. Kabin Innova bisa memuat sampai 7 bahkan 8 orang penumpang. Selain lapang, ruang kabin Toyota Innova 2021 terasa nyaman dan membuat para penumpang betah berlama-lama di dalam mobil. Tidak ada pula kebisingan dari suara mesin, sehingga ruang kabin lebih senyap.

Terdapat sandaran punggung dan paha untuk mendukung postur tubuh dengan sangat baik. Dengan demikian, kamu tetap merasa aman dan nyaman di dalam mobil meski menempuh perjalanan jarak jauh dengan durasi lama.

Desain makin mewah

Mobil Kijang Innova 2021 memiliki fitur-fitur mewah dengan harga terjangkau. Untuk sekelas Kijang, harga Rp340 jutaan hingga Rp440 jutaan juga cukup murah dengan fitur-fitur yang disediakan.

Kijang Innova 2021 didukung dengan material berkualitas, baik bahan fabric dan juga kulit mewah. Pada tipe V dan tipe Q, terdapat elemen premium seperti pengaturan suhu otomatis secara digital, LED Illumination, mini-table pada kursi paling depan, dan juga captain seat.

Fitur entertainment dan keselamat lengkap

Tersedia fitur hiburan dan keselamatan yang cukup lengkap. Fitur hiburan tersebut berupa Head Unit berukuran 9 inci dengan dukungan menu-menu fungsional yang ramah pengguna. Ditambah soket khusus untuk menambah daya gadget.

Sementara fitur keamanan dan keselamatannya dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, Curtain Shield Airbags, Side Airbags, dan Knee Airbag. Lalu, ada fitur Side Impact Beam, Collapsible Steering Column, serta Seat Belt Pretensioner with Force Limiter.

Tidak hanya itu, terdapat tambahan fitur keselamatan standar yang dipasang di Innova 2021, yakni Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC). Terakhir, adanya fitur ISOFIX dengan standar internasional terbaik untuk sistem keamanan duduk anak saat berkendara.

Perawatan mudah

Selain memiliki harga yang terjangkau, perawatan Toyota Innova pun tergolong mudah dan murah. Mobil legendaris ini terlahir dari perusahaan otomotif terbesar, jaminan after sales-nya pun sangat terjamin di seluruh wilayah. 

Dealer resmi Toyota sudah tersebar luas, seperti Tunas Toyota. Sehingga mudah bagi pengguna untuk menemukan lokasi servis yang terpercaya. Harga suku cadang atau spare parts Innova 2021 juga murah karena mudah ditemukan.

Kekurangan

Kendati begitu, juga ada beberapa kekurangan pada New Kijang Innova. Antara lain, suara mesin untuk tipe mesin diesel terlalu kasar ketika sudah mencapai kecepatan tinggi. 

Harga Mobil Kijang Innova Terbaru dan Tips Beli yang Bekas

Kemudian, dengan dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.795 mm, New Kijang Innova terbaru dirasa terlalu besar. Hal ini disebabkan Innova didesain sebagai mobil keluarga yang berusaha membuat kabin lega dan nyaman untuk semua penumpang.

Selain itu, Innova terbaru dianggap lebih boros bahan bakar. Keluhan sering ditujukan kepada Innova versi mesin diesel. Menurut beberapa testimoni media otomotif di Tanah Air, konsumsinya mencapai 8-10 km/liter.

Tips membeli Kijang Innova bekas

Ketersediaan spare part yang masih banyak dan mesin yang bandel membuat mobil bekas Innova bisa dibilang masih menjadi primadona di pasar mobil bekas. 

Jika kamu berminat beli Kijang Innova bekas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beragamnya pilihan bisa jadi membuat kamu bingung. 

Berikut ini beberapa tips bagi kamu yang mau membeli Kijang Innova bekas.

Tahun kendaraan

Tahun produksi kendaraan menjadi faktor paling penting dalam memilih Toyota Innova bekas. Seperti kebanyakan benda komoditas lainnya, tahun yang lebih tinggi, seperti Innova generasi pertama, akan dibanderol lebih rendah dibandingkan generasi kedua.

Dengan generasi pertama yang diperkenalkan tahun 2004, praktis mobil Innova paling tua saat ini berumur 16 tahun atau kurang. Karena itu, perhatikan kembali tahun produksi mobil. Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan melakukan negosiasi harga kepada penjual.

Tapi berbeda dengan mobil kebanyakan, harga Toyota Innova masih stabil di pasar mobil bekas Tanah Air. Bahkan tak menutup kemungkinan Innova bekas dengan tahun yang lebih tinggi memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan harga Toyota Innova bertahun rendah.

Cek eksterior dan interior mobil

Kamu harus lebih memperhatikan kondisi tertentu pada mobil bekas. Salah satunya dengan mengecek perbedaan cat maupun kondisi bumper depan maupun belakang mobil. Mobil yang sudah mendapatkan penggantian bisa memiliki warna yang berbeda, walaupun tak terlalu kentara.

Perhatikan jika ada komponen-komponen yang sudah tidak lagi terpasang dengan sempurna. Seperti bagian kap mesin yang tidak bisa tertutup dengan rapat atau rangka bodi yang terlihat menganga. 

Hal ini bisa mengindikasikan mobil pernah mengalami tabrakan. Jangan lupa untuk mengecek bagian bawah kendaraan dan perhatikan jika ada bagian yang berkarat.

Selain itu, juga cek bagian interior mobil. Cek apakah spare part maupun komponen interior yang diganti menggunakan aksesoris resmi keluaran Toyota. Perhatikan pula segala kelengkapan dan tampilan yang ditawarkan pada generasi pertama maupun Toyota Innova Reborn, tergantung mobil yang dilihat.

Pengecekan interior juga termasuk sistem dan fitur-fitur di dalam mobil. Terlebih pada sistem pendinginan kabin atau AC. Toyota Innova generasi pertama sering mengalami masalah akibat embusan angin yang tidak terasa dingin.

Uji jalan

Setelah pengecekan dengan memperhatikan kondisi mobil dari luar dan dalam terpenuhi, sekarang saatnya untuk mencoba Innova berjalan. Tak perlu terlalu jauh, karena pengemudi bisa langsung menemukan jika Anda masalah pada mesin maupun suspensi jika membawa mobil di jalanan.

Harga Mobil Kijang Innova Terbaru dan Tips Beli yang Bekas
Harga Mobil Kijang Innova Terbaru dan Tips Beli yang Bekas

Pastikan mesin tidak mengalami brebet maupun kepincangan. Ketika diuji jalan, rasakan jika ada bunyi ketukan pada mesin atau tenaga mesin yang kurang ketika menanjak. Ketika mobil kehilangan tenaga, cek filter bensin, pastikan kebersihan injektor, atau kondisi throttle.

Khusus bagi Toyota Innova diesel, perhatikan kepekatan asap knalpot. Jika asap berwarna hitam pekat, lakukan pemeriksaan pada komponen mesin. Ketika asap yang dikeluarkan berwarna hitam, cek nozzle, EGR, atau lakukan pengecekan pada valve maupun piston.

Sedangkan bagi Toyota Innova facelift bertransmisi otomatis, cek kondisi sistem transmisi. Caranya adalah dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi D. Perhatikan jika perpindahan terasa lambat atau mobil seperti meloncat.

Asuransikan Kijang Innova pilihanmu

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, maupun hilang. Selain itu, terdapat manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Dengan proteksi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya apabila kendaraanmu mengalami kerusakan atau hilang dalam jangka waktu setahun. Karena itu, pilih asuransi mobil terbaik agar kamu mendapatkan benefit sesuai kebutuhan dengan premi terjangkau.

Asuransikan Toyota Kijang Innova pilihanmu dengan rekomendasi asuransi mobil terbaik pilihan Ollaramlan.com berikut ini.

1. Adira Autocillin

Masa pertanggungan satu tahun. Perlindungan ganti rugi atas kerugian terhadap kendaraan yang secara langsung disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, atau kecelakaan lalu lintas lainnya (mengacu pada PSAKBI). Apabila mobil baru hilang dalam waktu enam bulan setelah pembelian, Autocillin akan menggantinya dengan mobil baru yang lain. Selain itu, ada manfaat l ayanan mobil derek dan bantuan darurat di jalanan.

2. ACA Otomate

Masa pertanggungan satu tahun. Pertanggungan kerugian sangat lengkap, yaitu kerusakan akibat benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, atau terperosok. Kemudian, kerugian akibat perbuatan jahat dan pencurian serta kebakaran. Ada pula fasilitas seperti mobil pengganti.

3. Allianz Mobilku Comprehensive

Perlindungan komprehensif terhadap kerusakan kendaraan dari yang kecil sampai parah, serta penggantian kehilangan kendaraan. Ada pula manfaat pertanggungan kerugian akibat kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri. Masa pertanggungan satu tahun.

Hitung besaran premi asuransi mobil kamu dengan kalkulator di bawah ini.

FAQ Kijang Innova


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *