Gak Ingin Membeli Mobil Bekas Banjir, Begini Cara Mudah Mengetahuinya

1 min read

Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Namun, kamu harus berhati-hati dan tahu cara cek mobil bekas banjir sebelum membelinya.

Kalau kamu enggak jeli, bisa-bisa kamu mendapatkan mobil bekas banjir. Meski mobil sudah dibersihkan secara menyeluruh, mobil yang terkena banjir tidak bisa benar-benar bersih lho. Pastinya, masih ada bekas lumpur atau jamur yang tertinggal di interior maupun eksterior kendaraan. 

Sebetulnya mengecek mobil bekas banjir mudah dilakukan. Asalkan kamu paham dengan beberapa ciri tertentu. Berikut cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk cek apakah mobil bekas banjir atau tidak.

Pastikan kamu mengatur keuangan dengan baik agar gak boros dan sudah terproteksi dengan asuransi mobil supaya gak perlu pusing lagi memikirkan mahalnya biaya servis dan perbaikan karena ada asuransi yang menanggungnya. Kamu juga bisa dapat ganti rugi andai mobilmu hilang dicuri berkat asuransi mobil TLO.

1. Cara cek mobil bekas banjir dengan mengetahui asal mobil

Mengetahui asal muasal kendaraan adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk tahu apakah mobil bekas banjir atau bukan. Kamu bisa mencari tahu informasi kendaraan dengan melihat STNK atau alamat pemilik.

Dari situ kamu bisa cari tahu apakah rumah yang mereka huni merupakan daerah rawan banjir atau tidak. Apalagi kalau habis banjir terjadi, kamu jadi makin mudah mengeceknya sesuai dengan lokasi banjir yang ramai di berita. 

2. Gunakan indra penciuman semaksimal mungkin

Ketika memeriksa bagian interior, ada baiknya kamu cium aroma di dalam mobil dengan teliti. Aroma tidak sedap pada kabin kendaraan merupakan cara paling mudah untuk cek apakah mobil bekas banjir atau bukan.

Jika kamu mencium bau apek atau aroma menyengat lain seperti dari zat penghilang bau secara berlebihan, sudah pasti wajib mencurigainya nih. Bisa jadi pemilik kendaraan sedang menutupi aroma enggak sedap itu dengan pewangi yang berlebihan. 

3. Cara cek mobil bekas banjir dengan memeriksa komponen kendaraan

Cara selanjutnya untuk tahu apakah mobil bekas banjir atau bukan adalah dengan mengecek komponen-komponen interior mobil, termasuk sektor bagasi hingga ke balik karpet.

Bagian ini merupakan tempat kendaraan menyimpan ban cadangan. Nah, biasanya daerah ini jadi tempat yang jarang dibersihkan oleh pemiliknya. Kalau masih ada sisa lumpur, sudah pasti itu adalah kendaraan bekas banjir. 

Jangan lupa juga cek kondisi pembungkus jok dan karpetnya, ya. Tanyakan dengan detail pada pemilik mobil alasan mengganti dua hal tersebut.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *