Ini dia harga vaksin gotong royong beserta tarif pelayanannya

3 min read

Harga vaksin gotong royong di Indonesia telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan. 

Terhitung mulai Mei 2021, Indonesia mulai menjalankan program vaksinasi gotong royong. Vaksinasi ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 10 tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Vaksinasi Gotong Royong ini diperuntukan untuk perusahaan dan seluruh karyawannya agar bisa mendapatkan akses vaksin yang lebih cepat.

Berapa harga vaksin gotong royong beserta tarif pelayanannya? Berikut ulasannya untukmu.

Peserta vaksin gotong royong

Berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021, tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, yang bisa mendapatkan Vaksin Gotong Royong yakni:

  1. Karyawan/karyawati,keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga dari suatu badan hukum/badan usaha merupakan sasaran penerima vaksinasi gotong royong. Individu lain terkait dalam keluarga merupakan individu yang tinggal bersama atau bekerja dengan keluarga yang bersangkutan.
  2. Masyarakat disekitar lokasi kegiatan badan hukum / badan usaha sebagai bagian dari tanggung jawab sosial sebagai sasaran penerima vaksinasi gotong royong.
  3. Warga Negara Asing yang merupakan karyawan / karyawati dari suatu badan hukum / badan usaha dapat ikut serta sebagai sasaran penerima vaksinasi gotong royong.

Harga vaksin gotong royong

Harga vaksin gotong royong tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021/. Vaksin yang disebarluaskan melalui penunjukkan PT Bio Farma harganya sebagai berikut:

  • Harga pembelian vaksin: Rp 188.000 per dosis.
  • Harga pelayanan vaksin: Rp 117.910 per dosis.

Harga vaksin gotong royong untuk WNA yaitu Rp 700 ribu untuk satu vaksin. Adapun jenis vaksin yang diberikan adalah Sinopharm.

Harga vaksin gotong royong dalam pelaksanaannya, tarif tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jenis vaksin gotong royong

Vaksin yang digunakan dalam vaksin gotong royong tidak menggunakan vaksin dalam vaksinasi program pemerintah yang sudah berjalan. Yang sudah beredar saat ini, vaksinasi gotong royong akan menggunakan vaksin dari Sinopharm dan segera menyusul Cansino. Berikut rinciannya:

1.      Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm sudah lolos uji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Jadi, tak perlu khawatir karena vaksin aman, ya.

Pemerintah juga telah melakukan kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis.

2.      Vaksin Cansino

Vaksin CanSino dikembangkan oleh CanSino Biological Inc. and Beijing Institute of Biotechnology, di China. 

Vaksin Casino juga sudah lolos uji klinis fase III di Argentina, Chile, Meksiko, Pakistan, dan Rusia. Vaksin ini telah disetujui untuk digunakan dalam program Vaksinasi gotong royong yang digelar Kamar Dagang dan industri (Kadin) Indonesia sebanyak 5 juta dosis.

Fakta tentang vaksinasi gotong royong

1.      Tidak menggunakan vaksin gratis dari pemerintah

Harga vaksin gotong royong tentu berbeda dengan vaksin gratis pemerintah. Seperti yang kita tahu, vaksin gratis dari pemerintah yaitu Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer, dan yang terbaru adalah Moderna. Sementara vaksinasi gotong royong hanya menggunakan Sinopharm dan Cansino.

2.      Kewenangan BUMN dan Biofarma

Vaksinasi gotong royong sepenuhnya ditangani oleh Kementerian BUMN dan PT Bio Farma. Sama halnya dengan pendistribusian vaksin yang seluruhnya ada di bawah tanggung jawab instansi tersebut.

Harga Vaksin Gotong Royong dan Ketentuannya

3.      Peserta tetap mendapatkan kartu atau sertifikasi vaksinasi

Meskipun vaksin gotong royong berbeda dengan vaksin gratis pemerintah, namun peserta tetap menerima kartu vaksinasi Covid-19 atau sertifikat elektronik. Bentuknya pun sama dan dapat digunakan untuk prasyarat seperti sertifikat vaksin gratis pemerintah.

4.      Tetap dilaporkan kepada Kemenkes

Harga vaksin gotong royong dan prosesnya merupakan kewenangan Kementerian Kesehatan. Sehingga walaupun dilakukan oleh layanan kesehatan swasta, namun data vaksinasi tetap dilaporkan pada Kementerian kesehatan.

Perbandingan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia

Dikutip dari berbagai sumber, inilah perbandingan jenis vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia:

Vaksin Sinovac

Vaksin Sinovac dibuat dengan metode inactivated virus. Dengan demikian, virus yang berada dalam vaksin sudah dimatikan, bukan berupa virus hidup atau hanya dilemahkan. Dalam proses pembuatan vaksin, inactivated virus sangat umum digunakan.

BPOM merekomendasikan vaksin ini digunakan pada masyarakat dengan usia di atas 12 tahun. Secara spesifik, rekomendasi target penerima vaksin yaitu:

  • Penderita gangguan jantung, pernapasan, obesitas
  • Penyintas COVID-19
  • Penderita HIV +
  • Penderita gangguan imun*
  • Ibu hamil
  • Ibu menyusui

Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm dibuat dengan metode virus yang dilemahkan, bukan virus yang dimatikan. Cara kerjanya yakni dengan memberi injeksi patogen virus yang telah dilemahkan sehingga tidak dapat menyebabkan sakit namun mampu menginduksi respon imun.

BPOM merekomendasikan target vaksin ini adalah masyarakat usia di atas 18 tahun. Secara spesifik, rekomendasi target penerima vaksin yaitu penyintas Covid-19, penderita HIV, dan ibu menyusui.

Vaksin AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca menggunakan metode vaksin vektor virus dalam pengembangannya. Vaksin ini menggunakan platform Adenovirus atau metode merekayasa virus agar menjadi vaksin sehingga mampu menginfeksi virus lain.  

Menurut BPOM, vaksin ini direkomendasikan untuk masyarakat usia di atas 18 tahun, dengan target seperti penderita gangguan jantung, pernapasan, obesitas, penyintas Covid-19, penderita HIV, penderita gangguan imun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Vaksin Moderna

Vaksin Moderna dibuat dengan metode mRNA. Sebenarnya, vaksin mRNA tergolong baru untuk melindungi dari penyakit menular. Sesuai ketentuan BPOM, vaksin ini hendaknya dipakai oleh masyarakat di atas usia 18 tahun.

Rekomendasi target penerima vaksin yakni

  • Penderita gangguan jantung, pernapasan, obesitas
  • Penyintas COVID-19
  • Penderita HIV +
  • Penderita gangguan imun
  • Ibu hamil
  • Ibu menyusui

Vaksin Pfizer

Vaksin Pfizer juga berbasis mRNA. Vaksin mRNA tidak menggunakan virus hidup. Vaksin ini dapat disuntikkan pada warga negara berusia di atas 12 tahun.

Secara spesifik, rekomendasi target penerima vaksin yakni:

  • Penderita gangguan jantung, pernapasan, obesitas
  • Penyintas COVID-19
  • Penderita HIV +
  • Penderita gangguan imun
  • Ibu hamil
  • Ibu menyusui

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan dan tips memilih

Virus Covid-19 belum benar-benar dikatakan musnah di Indonesia. Biaya pengobatannya pun tidak murah, belum lagi kalau muncul-muncul penyakit lainnya.

Harga Vaksin Gotong Royong dan Ketentuannya
Harga Vaksin Gotong Royong dan Ketentuannya

Untuk itu, sangat penting memiliki asuransi kesehatan. Ollaramlan.com menyediakan beragam pilihan asuransi Covid-19 yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuanmu

Manfaat pertanggungan pun mencakup biaya dokter umum, dokter spesialis, rawat inap, ICU, ambulans, hingga santunan risiko meninggal dunia.

Bingung memilih asuransi kesehatan yang tepat? Berikut tips dari Ollaramlan.com yang bisa membantumu:

Baca ketentuan polis dengan teliti

Seringkali klaim nasabah ditolak karena tidak sesuai dengan perjanjian polis yang telah disetujui bersama. Karena itu, sebaiknya pelajari polis dengan teliti khususnya pada bagian risiko yang ditanggung serta nilai pertanggungan yang diberikan asuransi.

Hitung limit asuransi

Khusus untuk Covid-19, cari tahu biaya perawatannya dan sesuaikan dengan limit asuransi yang dipilih. Pastikan nilai limit lebih tinggi, ya. .

Cari tahu reputasi perusahaan

Kualitas asuransi kesehatan yang kamu pilih sangat tergantung pada perusahaan asuransi. Pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang reputasinya bagus, tidak pernah terjerat kasus, dan memiliki testimoni yang bagus dari pada nasabahnya.

Masih bingung memilih asuransi kesehatan? Manfaatkan layanan konsultasi dengan ahli asuransi secara gratis di Tanya Ollaramlan.com!

Jangan lupa persiapkan dana daruratmu untuk mengantisipasi biaya-biaya tak terduga lainnya. Hitung dengan kalkukaltor dari Ollaramlan.com ini.

Pertanyaan seputar harga vaksin gotong royong


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *