Fasilitas di Rumah Sakit Tzu Chi Cukup Lengkap, Segini Biayanya

7 min read

Rumah Sakit Tzu Chi merupakan rumah sakit yang beroperasi di bawah naungan Yayasan Buddha Tzu Chi Medika dengan tujuan dasar ingin membantu dan memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan untuk masyarakat sekitar atau yang kurang mampu dengan biaya perawatan dan pengobatan yang terjangkau.

Semula, Presiden Megawati Soekarnoputri pada 25 Agustus 2003 meresmikan Poliklinik Cinta Kasih Tzu Chi yang berlokasi di Kompleks Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat. Di tahun 2006 status rumah sakit Tzu Chi berubah menjadi rumah sakit khusus bedah (RSKB).

Tak lama berselang, yakni pada 2008 Poliklinik Cinta Kasih Tzu Chi resmi berubah dan beroperasi menjadi Rumah Sakit Cinta Kasih Tzu Chi atau Rumah Sakit Tzu Chi. 

RS Tzu Chi sudah terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan nomor sertifikat KARS-SERT/765/VI/2019 dan Lulus Tingkat Paripurna pada 30 Juni 2019.

Status rumah sakit bedah kelas C yang dimiliki RS Tzu Chi berubah pada 2016 menjadi rumah sakit umum kelas C sesuai Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Provinsi DKI Jakarta No. 8821 tahun 2016 tentang Perubahan Jenis Rumah Sakit menjadi Rumah Sakit Umum Cinta Kasih Tzu Chi dan No. 8822 Tahun 2016 tentang Sertifikat Penetapan Kelas Rumah Sakit.

Profil Rumah Sakit Tzu Chi

Badan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memiliki tekad untuk memberikan cinta kasih, welas asih, sukacita, dan keseimbangan batin untuk menolong orang-orang yang menderita. 

Dengan prinsip menghargai jiwa dan mengutamakan kehidupan, Yayasan Buddha Tzu Chi memiliki misi khusus untuk menjaga kesehatan dan menyelamatkan kehidupan.

Melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Medika yang bergerak di bidang kesehatan, berdirilah RS Cinta Kasih Tzu Chi yang diresmikan langsung oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. 

Di awal beroperasi, rumah sakit yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta Barat ini hanya mampu melayani pengobatan umum, gigi dan mata. Fasilitas yang dimiliki pun seadanya, hanya radiologi, laboratorium, apotek, dan USG.

Saat masa transisi status dari poliklinik menjadi rumah sakit khusus bedah, RS Tzu Chi semakin meningkatkan fasilitas secara bertahap. 

Fasilitas pelayanannya kian bertambah, di antaranya penambahan ruang rawat inap, ruang operasi dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) mulai beroperasi.

Selain itu, poliklinik di Rumah Sakit Tzu Chi juga mulai dilengkapi dengan poliklinik kebidanan, poliklinik penyakit tulang (orthopedi), dan poliklinik bedah.

Visi

“Menjadi rumah sakit paripurna, bermutu, dan terjangkau di Indonesia dengan berpegang teguh pada cinta kasih universal.

Misi

  • Memberikan pelayanan kesehatan dengan berlandaskan pada sifat welas asih dan kasih sayang
  • Meningkatkan integritas, kejujuran dan komitmen insan rumah sakit pada kemanusiaan
  • Meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan menuju tenaga kesehatan yang handal dan profesional
  • Memberikan keteladanan dalam pelayanan medis

Jam kunjungan pasien rawat inap

Kamu bisa melakukan kunjungan pasien di Rumah Sakit Tzu Chi sesuai jadwal kunjungan, yaitu:

Kunjungan Siang : Pukul 11.00 – Pukul 13.00

Fasilitas Rumah Sakit Tzu Chi dan Tarif Kamar Rawat Inap

Kunjungan Sore : Pukul 17.00 – Pukul 19.00

Kontak RS Tzu Chi

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pelayanan kesehatan dan pengobatan di Rumah Sakit Tzu Chi, kamu bisa datang langsung ke rumah sakit atau menghubungi kontak di bawah ini.

  • Alamat : Jalan Lingkar Luar Kamal Raya (Outer Ring Road), Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat 11730
  • Telepon: (021) 55963680
  • Telepon IGD: (021) 55963600
  • Email: [email protected] 
  • Situs resmi: https://web.rscktzuchi.co.id/

Fasilitas dan layanan medis RS Tzu Chi

Motto rumah sakit yakni melayani berlandaskan kasih tanpa pamrih, Rumah Sakit Tzu Chi memberikan pelayanan semaksimal mungkin untuk setiap pasien yang datang tanpa membeda-bedakan.

Salah satu bentuk dari visinya untuk memberikan pelayanan rumah sakit yang bermutu adalah dengan memberikan pelayanan kesehatan unggulan. 

Di antaranya adalah pelayanan kesehatan endoskopi THT, laser medis fotona, operasi katarak yang menggunakan teknik phaco, dan operasi laparoscopy.

Tidak sampai di situ saja fasilitas dan pelayanan medis yang diberikan Rumah Sakit Tzu Chi. Berikut ini penjabaran lengkap mengenai fasilitas dan pelayanan medis yang diberikan salah satu rumah sakit Buddha.

Pelayanan rawat jalan

  • Instalasi Gawat Darurat (IGD)

Keunggulan dari IGD di Rumah Sakit Tzu Chi adalah terbuka selama 24 jam dengan tim dokter jaga yang sudah bersertifikat pelatihan emergency ACLS, ATLS, dan ALS. 

Para perawat di unit ini juga perawat terpilih yang memiliki sertifikat pelatihan emergency BTCLS, ALS, dan PPGD.

Fasilitas pada unit IGD meliputi USG emergency, emergency mechanical ventilator, ruang resusitasi, ruang ponek, ruang isolasi emergency, dan ambulans khusus gawat darurat. Kamu juga dipersilakan untuk melakukan konsultasi kepada dokter spesialis emergency.

Yang berbeda dari IGD RS Tzu Chi dibandingkan rumah sakit lainnya adalah sistem penanganan pasiennya. 

Di Rumah Sakit Tzu Chi menerapkan sistem Triage di mana tim dokter dan perawat akan menangani pasien berdasarkan tingkat kegawatdaruratan pasien tersebut. 

Pembagiannya adalah pasien yang dinyatakan sebagai pasien prioritas I akan ditandai dengan warna merah dan memiliki response time kurang dari satu menit. 

Pasien kategori prioritas II akan ditandai dengan warna kuning dan memiliki response time selama kurang dari sepuluh menit. Terakhir, pasien pada kategori prioritas III ditandai dengan warna hijau dengan response time kurang dari 30 menit.

Rumah Sakit Tzu Chi memiliki 14 poliklinik dengan tim dokter dan perawat andal yang ahli di bidangnya.

Fasilitas Rumah Sakit Tzu Chi dan Tarif Kamar Rawat Inap
Fasilitas Rumah Sakit Tzu Chi dan Tarif Kamar Rawat Inap
  • Poliklinik kesehatan gigi anak, poliklinik kesehatan gigi anak di Rumah Sakit Tzu Chi menerima pasien mulai berusia 0 tahun atau bayi hingga remaja. Para dokter spesialis gigi dan mulut ini akan membantu kamu merawat kesehatan gigi anak, membantu merawat hingga mengobati permasalahan gigi anak.
  • Poliklinik bedah mulut dan maksilofasial, kamu yang membutuhkan perawatan dan pengobatan lebih dalam mengenai gigi dan mulut bisa langsung datang ke poliklinik bedah mulut dan maksilofasial untuk berkonsultasi tentang penyakit dan gangguan yang dialami di area kepala, leher, wajah, rahang dan mulut.
  • Poliklinik gigi umum, kamu akan mendapatkan perawatan mendasar seputar kesehatan gigi dan mulut.
  • Poliklinik jantung, di poliklinik jantung, para dokter spesialis jantung dan pembuluh darah akan menangani pasien dengan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Beberapa di antaranya seperti gangguan irama jantung, hipertensi, gagal jantung, serangan jantung, atau sekadar nyeri dada hingga sesak napas akibat masalah jantung.
  • Poliklinik kebidanan dan kandungan, dokter spesialis kandungan dan kebidanan akan membantu para ibu hamil untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat, ibu hamil yang mengalami penyulit, hingga gangguan kesehatan pada organ kewanitaan.
  • Poliklinik kulit, kelamin, estetika, dokter spesialis kulit dan kelamin akan membantu pasien yang memiliki penyakit kulit seperti gatal-gatal, mati rasa pada kulit, kulit bersisik, benjolan di kulit, dan ruam pada kulit.

Pasien yang memiliki gangguan kesehatan pada kuku, misalnya bentuk dan warna kuku yang tidak normal atau nyeri yang dirasakan pada kuku. Pasien yang mengalami penyakit di bagian rambut dan kulit kepala seperti kebotakan, ketombe, dan rambut rontok juga akan ditangani di poliklinik kulit, kelamin, estetika.

Hingga penyakit seksual seperti sifilis, gonore, jamur kelamin, herpes simpleks, dan kutil kelamin juga bisa melakukan pengobatan di sini.

  • Poliklinik mata, beberapa gangguan kesehatan pada mata seperti katarak, rabun jauh dan dekat, infeksi dan peradangan di bagian bola mata dan sekitarnya, juling, dan gangguan kesehatan pada retina mata akibat diabetes melitus atau hipertensi juga bisa segera melakukan pengobatan di poliklinik mata RS Tzu Chi.
  • Poliklinik neurologi atau saraf, pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada saraf seperti kejang, merasa pusing yang berputar, nyeri pada kepala, epilepsi, stroke, tremor, hingga lumpuh bisa langsung melakukan konsultasi atau pengobatan di poliklinik neurologi Rumah Sakit Tzu Chi.
  • Poliklinik ortodonti, pasien yang mengalami gangguan kesehatan di bagian posisi gigi dan rahang yang tidak normal bisa segera berkonsultasi oleh dokter spesialis gigi dan mulut di poliklinik ortodonti.
  • Poliklinik orthopedi, kamu yang memiliki gangguan kesehatan pada otot dan tulang, seperti cedera otot, patah tulang, hingga permasalahan tulang belakang bisa segera melakukan konsultasi kepada dokter spesialis orthopedi.
  • Poliklinik penyakit dalam, penyakit dalam seperti alergi-imunologi, penyakit hati, jantung, paru-paru, infeksi, reumatik, penyakit ginjal dan hipertensi, gastroenterologi, metabolik-endokrin, dan hematologi-onkologi bisa melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pasien dewasa dan pasien lanjut usia.
  • Poliklinik prostodonti, untuk kamu yang membutuhkan prostesis seperti membuat gigi tiruan, Rumah Sakit Tzu Chi memiliki solusinya di poliklinik prostodonti.
  • Poliklinik telinga, hidung, dan tenggorokan (THT), akan membantu pasien dalam melakukan pengobatan terhadap penyakit yang berkaitan dengan telinga, hidung, dan tenggorokan seperti sinusitis, radang hidung, hingga pembedahan trakeostomi.
  • Poliklinik urologi, dokter spesialis urologi akan membantu kamu mengobati beberapa penyakit yang berkaitan dengan sistem saluran kemih dan organ reproduksi pria. Misalnya penyakit batu ginjal, penyakit ureter, penyakit kandung kemih, penyakit uretra, testis, epididimis, vas deferens, dan prostat.

Pelayanan rawat inap

  • High care unit and intensive care unit (HCU-ICU)

Diperuntukkan untuk pasien yang membutuhkan pengawasan, perawatan, dan pengobatan khusus. Pasien yang berada di HCU-ICU akan mendapatkan pantauan selama 24 jam oleh petugas medis yang kompeten.

Beberapa pasien khusus seperti pasien yang mengidap penyakit menular atau pasien yang rentan tertular penyakit (misalnya pasien yang mengidap autoimun) akan dirawat khusus di rawat inap isolasi dengan perawatan kesehatan khusus.

Rumah Sakit Tzu Chi memiliki 12 kasur khusus rawat inap maternity atau pasien yang baru menjalani persalinan.

Ruang rawat inap perinatal dikhususkan untuk bayi yang baru lahir. Bayi-bayi ini akan digolongkan menjadi tiga golongan. Golongan pertama adalah level 1 di mana bayi dinyatakan dalam kondisi sehat. 

Level 2A dikhususkan untuk bayi yang baru lahir dengan kondisi tertentu sehingga membutuhkan pengawasan petugas medis.

Level 2B dikhususkan untuk bayi yang mengalami kondisi abnormal atau ketidakstabilan dan membutuhkan pengawasan ketat oleh petugas medis. Bedanya bayi level 2A dan 2B adalah pada level 2B dikhususkan untuk bayi yang membutuhkan alat bantu napas khusus.

Terdapat 24 kasur rawat inap di perinatal, 12 kasur untuk bayi level 1, 8 kasur untuk bayi level 2A, dan 4 kasur untuk bayi level 2B. Di ruang inap perinatal juga disediakan inkubator bayi atau boks penghangat bayi.

Ruang rawat inap anak dikhususkan untuk anak-anak berusia antara 1 bulan hingga 18 tahun yang membutuhkan pengobatan dan pengawasan ketat dari petugas medis. Rumah Sakit Tzu Chi menyediakan 16 kasur rawat inap anak yang terdiri dari 5 sampai 6 kasur untuk satu ruangan.

Rumah Sakit Tzu Chi memiliki 30 kasur yang diperuntukkan untuk rawat inap dewasa yang terdiri dari 6 kasur untuk rawat inap dewasa bedah dan non bedah untuk laki-laki. Tujuh kasur untuk rawat inap bedah perempuan dan 11 kasur untuk rawat inap non bedah perempuan.

Yang membedakan Rumah Sakit Tzu Chi dengan rumah sakit lainnya adalah Rumah Sakit Tzu Chi memiliki pelayanan medis unggulan. Di antaranya ada endoskopi THT, terapi unggulan laser fotona, operasi katarak yang menggunakan teknik phaco dan operasi laparoscopy.

Sementara itu, fasilitas penunjang medis yang dimiliki Rumah Sakit Tzu Chi antara lain farmasi, medical check up, radiologi, laboratorium, dan pelayanan home care.

Tarif kamar Rumah Sakit Tzu Chi

Adapun tarif kamar inap di RS Tzu Chi, sebagai berikut:

Fasilitas Rumah Sakit Tzu Chi dan Tarif Kamar Rawat Inap
Fasilitas Rumah Sakit Tzu Chi dan Tarif Kamar Rawat Inap
  • Tipe kamar VVIP sebesar Rp850 ribu per hari.
  • Tipe kamar Kelas Utama sebesar Rp600 ribu per hari.
  • Tipe kamar I sebesar Rp450 ribu per hari.
  • Tipe kamar II sebesar Rp350 ribu per hari.
  • Tipe kamar III sebesar Rp160 ribu per hari.

Sementara itu, di tengah pandemi Covid-19 yang belum akan berakhir ini, Rumah Sakit Tzu Chi turut membantu para pasien yang kesulitan mendapatkan kamar untuk melakukan isolasi mandiri. 

Adapun biaya yang dibutuhkan mulai dari Rp3,2 juta untuk 3 hari perawatan dengan fasilitas seperti swab PCR, pemeriksaan rutin kesehatan, multivitamin yang dibutuhkan, makan 3 kali sehari dan makanan ringan 2 kali sehari.

Paket yang kedua sebesar Rp4,7 juta untuk 5 hari dengan fasilitas swab PCR sebanyak 2 kali, pemeriksaan kesehatan, multivitamin, makan berat dan ringan selama isolasi mandiri. Terakhir, paket ketiga sebesar Rp6,2 juta untuk 14 hari dengan fasilitas yang sama dengan paket yang lainnya ditambah dengan rapid test 1 kali.

Adapun biaya untuk persalinan, kamu membutuhkan biaya mulai dari Rp20 juta hingga Rp50 juta tergantung tingkat kesulitan persalinan.

Cara mendapatkan premi asuransi kesehatan murah

Perlu dipahami bahwa dalam mencari polis sebaiknya tidak hanya fokus pada premi asuransi kesehatan murah saja. Sebab, percuma jika preminya murah tapi limit asuransinya tidak cukup untuk menanggung biaya perawatan ketika jatuh sakit. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapatkan premi bersahabat:

Memiliki Manfaat CoB

Cara kerja Coordination of Benefit (CoB) adalah jika BPJS Kesehatan tidak mencakup keseluruhan biaya perawatan, maka nasabah bisa mengajukan kekurangannya pada asuransi kesehatan swasta. 

Dengan manfaat ini, calon nasabah tidak perlu mencari polis dengan limit yang terlalu tinggi agar preminya tidak terlalu mahal, karena klaimnya bisa dibagi dengan BPJS Kesehatan.

Pilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Dari pada mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu, lebih baik pilih polis asuransi kesehatan keluarga agar preminya lebih murah. Memang sih sekilas harga asuransi kesehatan keluarga akan terkesan mahal. 

Tapi, jika dikalkulasikan dengan premi asuransi individu untuk tiap anggota keluarga, premi kumpulan sebenarnya lebih murah karena satu polis bisa untuk lima anggota keluarga sekaligus.

Beli Asuransi Sejak Usia Dini

Harga premi asuransi kesehatan umumnya akan semakin mahal jika calon nasabah telah memasuki usia 30 tahun ke atas. Ini dikarenakan semakin bertambahnya usia, semakin rentan tubuh untuk terserang penyakit. Karena itu, sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sedini mungkin agar preminya lebih murah.

Klaim asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua kategori, yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai).

Klaim cashless adalah pilihan yang paling praktis, sebab tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan. Kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara, reimbursement mengharuskan tertanggung membayar tagihan rumah sakit dengan dana pribadi terlebih dahulu. 

Setelah itu, mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi terkait, barulah dana tagihan rumah sakit tadi akan diganti. Keunggulan metode klaim ini adalah dapat digunakan di rumah sakit non rekanan perusahaan asuransi.

Kalau kamu masih bingung menentukan asuransi kesehatan yang cocok, kamu bisa tanyakan langsung pada ahlinya di Tanya Ollaramlan.com!

Jangan lupa juga untuk persiapkan dana darurat sebagai upaya berjaga-jaga apabila ada kebutuhan yang mendesak. Kamu bisa menghitung besaran dana darurat dengan kalkulator dana darurat berikut ini.

FAQ seputar Rumah Sakit Tzu Chi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *