Cara Mudah Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah, Praktis!

1 min read

Aki merupakan salah satu komponen paling krusial pada mobil yang harus kamu perhatikan dan rawat dengan benar. Ketika aki mobil rusak, kamu sebenarnya bisa loh memasang sendiri. Ada banyak cara cara pasang aki mobil sendiri tanpa bantuan montir yang bisa kamu contoh.

Namun, kamu harus memastikan bahwa cara pasang aki mobil dilakukan dengan benar. Salah sedikit bisa jadi kerusakan semakin menyebar pada bagian electronic control unit (ECU) mobil.

Kerusakan yang dimaksud bisa terjadi karena kamu merusak sistem digital clock pada mobil, sistem audio, dan instrumen kelistrikan lainnya yang tidak berfungsi normal. 

Gangguan pada aki juga bisa memengaruhi suara klakson, lampu, AC tidak berfungsi normal, hingga penurunan performa mobil seperti mesin tidak stabil dan mobil tidak mau menyala.

Dapatkan manfaat pertanggungan asuransi mobil untuk biaya kerusakan mobil hingga 100% di Ollaramlan.com. Kamu bisa melakukan perbaikan di 300 lebih rekanan bengkel dengan proses klaim yang mudah dan cepat.

Semua permasalahan kelistrikan itu hanya bisa diatasi dengan sering-sering merawat aki mobil. Atau, dalam kondisi tertentu kamu harus segera mengganti aki yang lama dengan yang baru. 

Berikut ini cara pasang aki mobil yang benar dan pengetahuan seputar aki mobil yang perlu kamu ketahui.

Cara pasang aki mobil

Peran aki pada mobil cukup penting sebagai sumber daya listrik utama, untuk itulah mengapa penting untuk mengetahui cara merawat aki khususnya cara pasang aki mobil di rumah. Tidak sesulit yang dibayangkan.

Sebelumnya, pastikan dahulu apakah jenis mobil mu injeksi atau non-injeksi karena ternyata cara pasang aki mobil keduanya berbeda. Berikut ini cara pasang aki mobil yang bisa kamu lakukan di rumah.

Cara memasang aki mobil injeksi

Umumnya, mobil keluaran terbaru dengan teknologi otomotif yang semakin canggih dan modern terdiri dari banyak sistem elektronik. 

Tentu saja membutuhkan aki sebagai sumber daya listrik. Oleh karena itu, ketelitian saat mengganti aki diperlukan. Salah dikit bisa mengganggu beberapa komponen yang sudah diatur electronic control unit (ECU).

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *