Lakukan Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh dengan Detailing Mobil

3 min read

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk merawat mobil, salah satunya dengan melakukan detailing mobil.

Soalnya memelihara mobil tidak hanya selalu tentang merawat mesinnya saja, tetapi tampilan eksterior juga jadi salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. 

Pepatah yang menyebut jika kondisi setiap barang yang dimiliki dan digunakan adalah cerminan dari pemilik barang yang bersangkutan, bukan lagi hal baru.

Karena itu, para pemilik mobil pasti ingin kendaraannya selalu memiliki tampilan yang memukau, atau setidaknya bersih dan terawat.

Akhirnya, berbagai upaya dilakukan untuk membuat kendaraan yang dimiliki tetap terawat, walau digunakan setiap hari menghadapi berbagai medan jalanan yang penuh dengan kotoran tak terhindarkan.

Namun faktanya, saat ini tetap ada segelintir orang yang belum memahami dengan baik jenis-jenis perawatan kendaraan yang sebenarnya punya fungsi dan tujuan berbeda. Salah satunya auto detailing atau biasa disebut sebagai detailing mobil.

Apa itu detailing mobil?

Auto detailing mobil adalah proses teknik merawat dan mempercantik kendaraan dengan secara detail untuk mendapatkan tampilan yang lebih sempurna. 

Selain itu, detailing mobil juga didefinisikan juga teknik dalam merawat bagian kendaraan secara keseluruhan, baik dari segi interior maupun eksterior.

Untuk pemahaman lebih jelasnya, mobil yang digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari pasti kerap terkena berbagai kotoran. 

Misalnya seperti debu jalanan, polusi, aspal, oli, goresan kerikil kecil maupun bebatuan besar, kotoran burung, sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Berbagai kondisi tersebut nyatanya berpotensi membuat mobil yang dimiliki lama-kelamaan tampak tidak sedap dipandang. 

Di antaranya kondisi cat yang mulai kusam, timbulnya jamur, kabin berbau tidak sedap, hingga mesin yang terlihat kotor. Untuk menjawab solusi tersebut, detailing mobil hadir sebagai jawaban yang diperlukan. 

Sesuai namanya, perawatan ini tidak hanya membersihkan kendaraan secara sepintas, tetapi juga hingga ke bagian detail yang tidak tersentuh seperti baut pada velg, kolong mobil, dan bagian-bagian tak terjangkau lainnya.

Biaya detailing mobil

Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah, jika detailing mobil bisa memberikan perawatan sampai sedetail yang dijelaskan, berapa biaya yang diperlukan? 

Jawabannya bervariasi. Di lapangan, ada layanan perawatan yang menawarkan jasa auto detailing mobil dengan harga mulai dari Rp900 ribu. 

Mengenal Detailing Mobil, Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh

Sudah pasti, ada juga tingkatan harga lebih mahal, yang biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya jenis mobil yang dimiliki ataupun perawatan ekstra yang disertakan.

Sedangkan untuk harga termahal, ada juga yang menawarkan layanan auto detailing mobil dengan banderol Rp5,5 juta untuk jenis mobil berbodi besar dan paket perawatan tambahan lainnya yang disertakan.

Tahapan detailing mobil

Memiliki proses yang sangat detail secara menyeluruh, bagaimana proses pelaksanaan detailing mobil yang sebenarnya? 

Berikut tahapan yang harus dilewati untuk membuat kendaraan tetap tampil sempurna walau sudah dimiliki dalam waktu yang cukup lama.

1. Cleaning

Sebenarnya tahapan ini tidak hanya dilalui saat melakukan detailing mobil, tetapi dilalui juga pada perawatan salon mobil. 

Seperti yang bisa diduga, tujuan langkah satu ini adalah untuk membersihkan seluruh bagian mobil.

Proses ini sangat penting, karena kotoran yang terakumulasi akan merusak penampilan mobil dalam jangka waktu panjang. 

Selain itu, apabila diperlukan, pada proses ini juga akan dilakukan claying, proses yang berguna untuk membersihkan endapan kotoran yang tidak terangkat saat melakukan proses cleaning.

Claying dilakukan dengan menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi yang berguna untuk mempermudah proses claying itu sendiri. 

Bagaimana jika kotoran masih belum terangkat secara maksimal? Ada satu metode lagi yang bisa dilakukan, yaitu paint cleaning.

2. Paint Correction

Sesuai namanya, paint correction merupakan proses untuk mengoreksi cat mobil akibat goresan, baret halus, ataupun proses oksidasi pada bagian permukaan bodi mobil.

Sebenarnya, pada tahap ini terdiri dari beberapa proses lagi yaitu compounding, polishing, dan glazing

Proses tersebut menggunakan cairan pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan spesifikasi permasalahan yang dialami pada bodi mobil yang bersangkutan.

Faktanya, bagian ini merupakan bagian paling penting dalam auto detailing mobil, karena akan memengaruhi hasil akhir yang sempurna. 

Mengenal Detailing Mobil, Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh
Mengenal Detailing Mobil, Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh

Pada tahap ini, perawatan benar-benar akan memperbaiki penampilan kendaraan seutuhnya.

3. Protection

Paint correction memang akan membuat tampilan mobil menjadi lebih baik dibanding sebelumnya. 

Namun, hal tersebut akan percuma tanpa adanya perlindungan maksimal pada mobil Karenanya, perlindungan maksimal pada bodi mobil diperlakukan agar paint correction yang sebelumnya dilakukan tetap terjaga.

Tahap ini nyatanya juga terdiri dari beberapa proses yang harus dilakukan seperti wax, sealant, atau coating yang dilakukan pada permukaan cat mobil. 

Pada permukaan seperti trim, krom, metal, ban dan lainnya menggunakan bahan lain yang berbeda sesuai jenis permukaannya.

Nyatanya, tahap protection juga membuat kotoran pada mobil menjadi tidak mudah terakumulasi, sehingga air dan debu menjadi tidak mudah menempel pada bodi kendaraan.

4. Maintenance

Proses yang terakhir adalah maintenance. Perlu kamu pahami, tahapan satu ini sifatnya tidak permanen alias sementara. 

Karena tujuannya adalah untuk menjaga kemampuan proteksi menjadi lebih optimal dan tahan lama. Beberapa proses yang harus dilalui pada tahap ini adalah detailer, finishing, dan last touch.

Perbedaan salon mobil dan detailing mobil

Tidak jarang orang menganggap salon mobil dan detailing mobil adalah satu proses perawatan yang sama atau sejenis. Padahal, keduanya berbeda.

Salon mobil lebih kepada bentuk perawatan mobil secara sederhana dibanding detailing mobil. Selain itu, umumnya perbedaan juga dapat dilihat dari segi cairan pembersih yang digunakan, pengerjaan yang lebih detail, hingga penggunaan alat khusus.

Sedangkan jika ditanya perawatan mana yang lebih baik, detailing mobil yang jelas menjadi jawabannya. 

Hal tersebut karena salon mobil hanya melakukan perawatan dasar seperti membuat mobil memiliki tampilan lebih kinclong, sedangkan detailing mobil melalui proses yang jauh lebih kompleks.

Itu dia berbagai hal mendetail yang bisa diketahui oleh para pemilik kendaraan mobil mengenai auto detailing mobil. Tertarik untuk langsung mencobanya?

Berikan perlindungan pada mobil dengan asuransi

Untuk mendapatkan tampilan mobil yang prima, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya berikan perlindungan pada kendaraanmu dengan asuransi mobil.

Mengenal Detailing Mobil, Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh
Mengenal Detailing Mobil, Perawatan Kendaraan Secara Menyeluruh

Dengan asuransi mobil, kamu enggak perlu lagi khawatir dengan biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel.

Asuransi mobil juga menawarkan jaminan ganti rugi mulai dari kerusakan hingga pencurian. Selain itu, ada juga beberapa manfaat tambahan berupa penggantian kerusakan akibat banjir, huru-hara (kerusuhan), dan bencana alam.

Untuk mengetahui lebih lanjut jenis asuransi mobil apa yang cocok untukmu, kamu bisa mengisi kuis berikut:

Untuk mengetahui kisaran premi asuransi mobil, kamu bisa mengisi kuis berikut:

Pertanyaan seputar detailing mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *