Bagaimana Cara Klaim Adira Insurance? Cek Infonya dan Tips agar Tidak Ditolak

4 min read

Bagaimana cara klaim Adira Insurace agar tidak ditolak? Cek informasi dan tips-tipsnya dalam ulasan berikut ini.

Sebagaimana yang diketahui, asuransi mobil memang jadi satu-satunya cara yang efektif untuk melindungi keuangan akibat risiko kerusakaan mobil.

Namun, bukan berarti ketika punya asuransi, apa pun kerugiannya pasti bisa diklaim lho.

Cara klaim asuransi mobil telah diatur ketentuannya dalam polis asuransi. Selain itu, cara klaim asuransi mobil juga tergantung pada risiko atau kerusakan yang dialami kendaraan.

Nah, bagi pemilik asuransi mobil dari Adira, cari tahu yuk cara klaim Adira Insurance dalam artikel berikut ini.

Cara klaim Adira Insurance

Begitu mengalami kerugian yang mengakibatkan mobil rusak, baik sedikit untuk asuransi All Risk maupun lebih dari 75 persen untuk asuransi TLO, segera buat laporan klaim ke Adira Insurance.

Penyampaian laporan klaim Adira Insurance ini dapat dilakukan terhitung dari hari kerusakan terjadi hingga lima hari ke depan.

Berikut ini cara klaim Adira Insurance.

  1. Kunjungi kantor pelayanan Adira Insurance terdekat.
  2. Hubungi Adira Care di nomor 1500 456.
  3. Kirimkan pesan ke SMS Channel di nomor 0812 111 3456.
  4. Kunjungi website Adira Insurance untuk mengisi Formulir Laporan Klaim.
  5. Laporkan klaim dengan menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim.
  6. Persiapkan dokumen pelaporan sesuai jenis kerugian yang nantinya diserahkan.
  7. Perlu diketahui untuk jenis klaim tertentu, ada survei yang dilakukan terhadap objek pertanggungan.
  8. Kalau dokumen dan data klaim yang diberikan lengkap, tim Adira Insurance akan melakukan analisis terhadap klaim tersebut untuk memasitkan nilai ganti rugi.
  9. Penggantian kerugian sesuai dengan jenis kerugian.

Dokumen dan formulir klaim Asuransi Adira yang perlu disiapkan

Di bawah ini dokume-dokumen yang perlu disiapkan untuk lakukan klaim Adira Insurance serta formulir yang harus diisi dan diserahkan.

  • Formulir Laporan Klaim Adira Insurance.
  • Fotokopi SIM yang masih aktif.
  • Fotokopi STNK yang masih aktif.
  • Dokumen lain yang disyaratkan sesuai jenis klaim.

Unduh dan isi Formulir Laporan Klaim Adira Insurance

Unduh atau download Formulir Laporan Klaim Adira Insurance yang disediakan Ollaramlan.com di bawah ini. Kemudian isi laporan klaim tersebut untuk nantinya diserahkan.

Tips menghindari klaim asuransi mobil ditolak

Kita sering mendengar, membaca dan mungkin mengalami sendiri kondisi dimana klaim asuransi yang ditolak. Sehingga memunculkan anggapan sulit untuk mengajukan klaim asuransi. Padahal anggapan tersebut salah. 

Asalkan syarat dan ketentuannya telah lengkap dan kita bisa membuktikan tidak melakukan pelanggaran, maka urusan klaim bisa sangat mudah. Berikut sejumlah tips agar terhindar dari penolakan cara klaim asuransi mobil.  

1. Pengendara di bawah umur

Meski telah memenuhi semua prosedur cara klaim asuransi mobil, bisa jadi klaim kamu ditolak gara-gara hal ini. Pihak asuransi tidak akan menyetujui klaim jika pengemudi mobil yang mengalami kecelakaan adalah anak di bawah umur, maka jangan heran kalau klaim asuransi mobil bakal ditolak.

Hal ini tertuang jelas dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menjelaskan, anak di bawah 17 tahun dilarang mengemudikan kendaraan.

Dan mereka yang boleh mengemudi, harus memiliki Surat Izin Mengemudi. Hal itu pun diatur dalamPasal 281.

Cara Klaim Adira Insurance dan Tips agar Tidak Ditolak

Jika saja mobil dikemudikan anakmu yang di bawah umur, apa yang bakal kamu lakukan jika dia bernasib seperti putra Ahmad Dhani, Abdul Qadir Jaelani? Sudah mobilnya hancur lebur, eh karena melanggar hukum gak bisa diklaim deh.

Jadi, jangan sampai prosedur cara klaim asuransi mobil yang sudah terpenuhi gagal karena gak punya SIM atau di bawah umur!

2. Modifikasi

Beberapa orang mungkin pengin terlihat mobilnya keren agar asik kalau dipakai buat mejeng. Tapi, urusan modifikasi juga aturannya lho dan gak bisa sembarangan.

Penambahan beberapa aksesori memang bisa menghanguskan asuransi, terutama aksesori yang menguras aki. Agar hal itu gak terjadi padamu, maka para modifikator seharusnya melaporkan adanya penambahan aksesori non-standar ke pihak asuransi.

Ketika harga aksesorinya sudah di atas Rp10 juta, biasanya bakal ada penambahan premi lho. Oleh karena itu, jangan asal pasang aksesori kalau gak mau rugi ya.

Dengan kondisi ini, cara klaim asuransi mobil yang udah kamu penuhi bakal ditolah deh!

3. Mobil dipinjam dan dibawa lari

Jangan salah, asuransi gak mau mengcover kehilangan mobil jika peristiwanya seperti ini. Ini sama saja dengan penggelapan, bukan pencurian atau kehilangan karena paksaan.

Hal serupa pun berlaku untuk para pebisnis rental mobil dan parkir valet. Mengapa demikian? Karena si pemilik mobil sudah memberikan izin kalau mobilnya bakal dikemudikan orang lain. 

Lain halnya jika mobil dipinjam teman untuk ke mal, lalu mobilnya hilang. Si peminjam bisa membuat laporan dari kepolisian yang nantinya bakal dilampirkan untuk klaim asuransi.

Dengan alasan ini, cara klaim asuransi mobil yang udah kamu penuhi gak bakal diterima perusahaan asuransi!

4. Kecelakaan saat kelebihan muatan

Misalnya nih, kamu naik mobil Avanza yang didesain untuk mengangkut tujuh penumpang. Namun karena ada 3 temanmu mau nebeng, alhasil 10 orang ada di mobilmu.

Dan apesnya di tengah jalan kamu terkena musibah tabrakan. Tabrakannya pun gak nanggung-nanggung karena kerusakan mobilmu sampai 40 persen. Percaya gak percaya itu gak bisa dicover asuransi mobil lho.

Hal itu sudah diatur di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Jadi gak usah mencak-mencak ya kalau memang gak bisa klaim, meski kamu sudah memenuhi kriteria cara klaim asuransi mobil.

5. Menerjang banjir

Sekalipun kamu mengasuransikan mobilmu dengan asuransi all risk, belum tentu pihak asuransi sepakat untuk mengcover kerusakan karena kamu menerjang banjir. Kok gitu?

Cara Klaim Adira Insurance dan Tips agar Tidak Ditolak
Cara Klaim Adira Insurance dan Tips agar Tidak Ditolak

Sekalipun kamu memenuhi syarat cara klaim asuransi mobil all risk, lho! Karena banyak asuransi yang memasukkan banjir dalam klausul force majeur atau bencana besar, yang gak bisa jadi dasar klaim pertanggungan.

So, sebelum memutuskan untuk deal dengan satu asuransi, ada baiknya kamu ketahui dulu produk asuransi yang kamu tuju dengan baik. Beberapa asuransi yang menerima klaim banjir dan bencana alam adalah Adira Insurance dan Garda Siaga Asuransi Astra.

6. Kecelakaan saat ikut pawai

Nah, berhubung sebentar lagi pemilu dan pemilihan presiden nih. Mohon dipikir dua kali ya ketika mau ikutan kampanye dengan menggunakan mobil pribadimu. Karena apabila ada kerusakan, itu jelas gak bisa di-cover.

Hal itu disebabkan karena ketika mobil dipakai buat pawai, mobil itu dianggap gak digunakan sewajarnya oleh pihak asuransi. Lain halnya kalau mobilnya dipakai mudik.

Jadi, jangan lakukan hal ini jika kamu gak bisa mendapatkan klaim walaupun telah memenuhi syarat cara klaim asuransi mobil.

7. Kerusakan karena huru-hara atau sabotase teroris

Kerusakan karena peristiwa ini juga terkadang gak dicantumkan dalam polis standar. Padahal kerugiannya bisa besar sekali, bisa jadi mobilmu rusak total atau sampai terbakar.

Bila kamu mau hal ini masuk ke dalam pertanggungan, maka biasanya ada penambahan paket pertanggungan yang harus kamu lakukan. Dan ketika kamu ingin mengklaim, jangan lupa untuk menyertakan foto.

8. Kerugian masuk dalam pengecualian polis

Saat membeli polis asuransi, pastikan kamu telah membaca seluruh isi polis asuransi dengan cermat. Jangan sampai ada yang terlewat dan apabila tidak memahami kalimat yang ada di dalam polis, lebih baik bertanya ke agen atau customer service untuk menjelaskannya.

Jangan lewatkan juga bagian dari pertanggungan atau risiko yang akan dikaver. Pastikan juga syarat atau pengecualian yang ada di dalam polis terkait risiko yang ditanggung. Ini penting supaya di masa depan ketika hendak melakukan klaim tidak terjadi masalah. 

9. Kerusakan sudah pernah terjadi sebelumnya

Kejujuran adalah modal penting dalam pembelian polis asuransi. Perusahaan asuransi akan selalu menanyakan riwayat kepemilikan kendaraan dan memantaunya.

Maka, saat membeli polis asuransi pastikan lebih dahulu sudah memberikan informasi kepada perusahaan asuransi tentang riwayat kendaraan. Sebab di masa depan jika melakukan klaim terhadap kerusakan yang sudah pernah terjadi sebelumnya kemungkinan akan ditolak. 

10. Polis lapse

Hal penting lain agar klaim asuransi mobil tidak ditolak adalah masa berlaku polis. Pastikan kalau polis asuransi mobil masih berlaku atau tidak dalam keadaan polis lapse.

Sebagai informasi, polis lapse adalah kondisi ketika asuransi tidak dapat diambil manfaatnya karena statusnya batal atau tidak aktif lagi. Salah satu penyebabnya adalah karena nasabah atau pemegang polis tidak membayarkan polis lagi.  

Itulah tujuh penyebab mengapa klaim asuransi mobil kamu ditolak. So, ada baiknya untuk selalu berhati-hati ketika kamu menggunakan mobilmu. Bukan berarti mentang-mentang udah ada asuransi, jadi bebas pakai.

Cara Klaim Adira Insurance dan Tips agar Tidak Ditolak
Cara Klaim Adira Insurance dan Tips agar Tidak Ditolak

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik-topik tersebut di Tanya Ollaramlan.com.

Tanya jawab seputar klaim Adira Insurance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *