Berikut ini estimasi biaya sedot wc di beberapa kota besar di sekitar Jakarta.

4 min read

Saat ini, banyak jasa penyedotan WC yang tersebar di tiap daerah. Biaya sedot WC umumnya bervariasi, tergantung penyedia jasa serta kapasitas limbah pada truk penampungan.

Menyedot WC atau septic tank (tangki septik) secara rutin merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih, nyaman, dan sehat. Karena itu, jangan tunggu WC di rumah mampet untuk melakukan penyedotan. 

Berapa biaya sedot WC di sekitar rumahmu? Yuk, simak artikel berikut ini selengkapnya.

Biaya sedot WC di Jakarta dan kota besar lainnya

Kapasitas tangki truk penampung limbah biasanya terdiri dari 2 meter kubik, 4 meter kubik, dan 6 meter kubik (m3). Harga yang ditawarkan pun tergantung penyedia jasa dan wilayah masing-masing.

Salah satu penyedia jasa swasta di Jabodetabek misalnya, menentukan biaya sedot WC per meter kubik mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Sementara itu, biaya sedot WC atau limbah dari pemerintah diatur melalui peraturan daerah (perda).

Berikut ini biaya penyedotan WC atau tangki septik di sejumlah daerah.

DKI Jakarta

Dikutip dari PD PAL Jaya, biaya penyedotan dan pembuangan lumpur tinja di DKI Jakarta dihitung per meter kubik. Untuk layanan pada jam kerja, yaitu 08.00-16.00 WIB, biaya sedot WC dikenakan Rp 150 ribu per meter kubik.

Sementara layanan di luar jam kerja, biaya penyedotan dikenakan Rp 275 ribu per meter kubik. Kemudian, untuk pembuangan lumpur tinja dikenakan biaya Rp 25 ribu per meter kubik. Biaya tersebut belum termasuk PPN 10 persen.

Kota Bandung

Berdasarkan informasi dari PDAM Tirtawening Kota Bandung, biaya pelayanan penyedotan tangki septik diatur melalui Peraturan Direksi Nomor 657/Perdir.03 PDAM/2018.

Biaya penyedotan ini diklasifikasikan dalam beberapa kelompok. Kelompok sosial Rp 220 ribu, kelompok rumah tangga Rp 330 ribu, dan instansi Rp 330 ribu. Kemudian, kelompok niaga Rp 385 ribu dan kelompok industri Ro 440 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk PPN 10 persen.

Sementara itu, untuk penyedotan di luar Kota Bandung ditambah biaya transportasi Rp 25 ribu.

Kota Bogor

Biaya sedot WC di Kota Bogor diatur dalam Peraturan Daerah Kota Bogor Nomor 8 Tahun 2014 tentang Retribusi Jasa Umum. Biaya penyedotan WC diklasifikasikan dalam tiga kelompok, yaitu penyedotan di dalam daerah untuk tangki maksimal 3 meter kubik dan motor tangki maksimal 400 liter. Ada pula penyedotan WC di luar daerah untuk truk tangki maksimal 3 meter kubik.

Penyedotan di dalam daerah untuk tangki maksimal 3 meter kubik, rumah tinggal dikenakan tarif sebesar Rp 250 ribu per rit. Asrama, kantor pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga sosial serta sejenisnya dikenakan biaya sebesar Rp 150 ribu per rit. Kemudian, kantor swasta, toko, rumah sakit, dan tempat-tempat usaha komersial lainnya dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu per rit.

Berikutnya, penyedotan di dalam daerah untuk motor tangki maksimal 400 liter, rumah tinggal dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu per rit.  Asrama, kantor pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga social serta sejenisnya dikenakan biaya sebesar Rp 150 ribu per rit. Kemudian, kantor swasta, toko, rumah sakit, dan tempat-tempat usaha komersial lainnya dikenakan biaya sebesar Rp 250 ribu per rit.

Kemudian, penyedotan di luar daerah untuk truk tangki maksimal 3 meter kubik, rumah tinggal dikenakan biaya sebesar Rp 300 ribu per rit.  Asrama, kantor pemerintah, lembaga pendidikan, lembaga sosial serta sejenisnya dikenakan biaya sebesar Rp 400 ribu per rit. Kemudian, kantor swasta, toko, rumah sakit, dan tempat-tempat usaha komersil lainnya dikenakan biaya sebesar Rp 750 ribu per rit.

Estimasi Biaya Sedot WC di Jakarta dan Sekitarnya

Depok

Berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Penyediaan dan/atau Penyedotan Kakus, biaya penyedotan WC dibagi dalam lima kelompok. Pertama, penyedotan kakus dari lokasi sosial yaitu rumah ibadah, gedung sekolah, panti asuhan, dan asrama sekolah sebesar Rp 30 ribu per meter kubik.

Kedua, penyedotan kakus dari lokasi rumah tangga yaitu sebesar Rp 70 ribu per meter kubik. Ketiga, penyedotan kakus dari lokasi perkantoran pemerintah sebesar Rp 100 ribu per meter kubik.

Keempat, penyedotan kakus dari lokasi komersil di antaranya meliputi hotel, pertokoan, dan perkantoran swasta yaitu sebesar Rp 150 ribu per meter kubik. Kelima, penyedotan kakus dari lokasi industri (di luar limbah B3) sebesar Rp 170 ribu per meter kubik.

Kabupaten Tangerang

Biaya retribusi penyedotan kakus Kabupateng Tangeran diatur lewat Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2016 tentang Retribusi Jasa Umum. Besarnya biaya sedot WC dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu niaga, non-niaga, dan sosial.

Biaya penyedotan untuk kategori niaga yaitu Rp 210 ribu per meter kubik. Kemudian, untuk kategori non-niaga yaitu Rp 100 ribu per meter kubik. Berikutnya, untuk kategori sosial yaitu Rp 75 ribu per meter kubik.

Alasan perlu sedot WC

WC merupakan salah satu bagian dari rumah yang perlu dijaga dan dirawat. Salah satu metode perawatan yang umum digunakan adalah dengan sedot WC. Sedot WC perlu dilakukan karena seiring dengan penggunaan secara rutin, isi tangki pembuangan akan menjadi semakin penuh. Karena itu, perlu dibuang supaya isinya tidak mencemari ke mana-mana.

Selain bisa mencemari saluran lain atau lingkungan sekitar, tangki septik yang penuh bisa jadi membuat proses flushing bermasalah, sehingga kotoran lebih sulit masuk ke dalam WC. Tidak hanya itu, tangki septik yang penuh juga berpotensi mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Aroma tersebut akan sangat mengganggu lingkungan sekitar rumah.

Alasan lain, ukuran tangki septik berbeda-beda di tiap rumah atau lokasi. Karena itu, tidak ada waktu yang tepat kapan tangki septik harus dikuras. Secara umum, tangki septik yang ada di rumah bisa digunakan dalam waktu maksimal hingga tiga tahun.

Apabila jumlah bakteri yang terdapat di dalam tangki septik sudah tidak mampu lagi untuk menghancurkan kotora, maka otomatis kemampuan tangki septik untuk mengolah kotoran menjadi lebih lambat. Sedot WC perlu dilakukan berkala agar WC di rumah tidak mampet  sehingga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap serta berpotensi menimbulkan penyakit.

Kapan waktu terbaik sedot WC?

Sedot WC sebaiknya dilakukan secara berkala dalam kurun waktu 1-3 tahun sekali. Hal ini selain untuk menghindari pencemaran lingkungan dan masalah pada WC saat digunakan, seperti mampet.

Terlalu lama membiarkan septic tank penuh juga bisa mempengaruhi kualitas air yang kita gunakan untuk mandi. Jadi, sebaiknya rutin bersihkan septic tank dengan menggunakan jasa sedot wc terdekat. 

Pentingnya punya asuransi rumah

Bertalian dengan hal di atas, yuk mulai lebih perhatikan tempat tinggal kamu. Selain asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, juga ada asuransi rumah. Manfaat asuransi rumah yang paling utama adalah memberikan ganti rugi finansial atas kerusakan atau kehilangan akibat risiko yang ditanggung jenis asuransi rumah tinggal.

Artinya, manfaat asuransi rumah baru diterima ketika musibah terjadi. Mungkin, banyak yang beranggapan jika memiliki asuransi rumah tinggal merugikan karena premi hangus setelah satu tahun jika tidak melakukan klaim.

Namun, bagi pemilik rumah di kawasan rawan banjir, banyak pepohonan tinggi, dekat bandara, atau dekat pabrik, asuransi rumah akan sangat membantu ketika terjadi musibah. Berikut ini beberapa manfaat asuransi rumah yang perlu diketahui.

Estimasi Biaya Sedot WC di Jakarta dan Sekitarnya
Estimasi Biaya Sedot WC di Jakarta dan Sekitarnya

Mengurangi risiko kerugian saat terjadi musibah

Bencana alam yang tidak terduga seperti longsor, gempa bumi, angin topan, dan banjir adalah beberapa risiko yang tidak bisa dihindari. Dengan memiliki asuransi rumah, maka kerugian finansial akibat risiko bencana alam bisa berkurang.

Jaminan risiko kemalingan atau perampokan

Perampokan atau kemalingan adalah risiko yang mungkin terjadi dan merugikan. Selain harta benda yang dimiliki hilang, kerusakan rumah pada jendela atau pintu yang dibobol maling menambah nilai kerugian.

Lewat asuransi rumah, risiko kerugian finansial atas risiko ini bisa dikurangi. Cukup melaporkan kejadian ke pihak berwajib dan perusahaan asuransi, maka klaim akan cair untuk mengganti kerusakan dan kehilangan akibat perampokan.

Syarat mengajukan pinjaman

Asuransi rumah menjadi salah satu syarat pengajuan pinjaman di beberapa lembaga keuangan. Dengan asuransi rumah, dana pinjaman lebih cepat cair selama persyaratan dan ketentuan lain telah terpenuhi.

Menjaga nilai rumah

Rumah yang diasuransikan akan lebih terjaga nilainya dibandingkan rumah tanpa asuransi. Sebab, jika suatu saat terjadi musibah atau bencana alam, maka nilai rumah tidak akan turun saat dijual karena telah diasuransikan.

Kalau kamu masih bingung menentukan asuransi terbaik, kamu bisa menghubungi ahlinya di Tanya Ollaramlan.com!

FAQ seputar sedot WC


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *