Harga BMW E30 Baru dan Bekas, Pajak, Spesifikasi, dan Performa Mesin

1 min read

BMW E30 merupakan mobil keluarga BMW Seri 3 yang diperuntukan bagi segmen compact executive car. Mobil keluaran pabrikan otomotif asal Jerman ini pertama kali muncul tahun 1986 dengan mengusung seri 318i. 

Sebagai salah satu jenis mobil klasik populer, BMW E30 berhasil bertahan di pasar dengan banyak suku cadang aftermarket dan basis penggemar di mana-mana. BMW E30 cocok buat kamu yang mau tampil sporty tapi tetap berkelas. 

Sudah selayaknya, kalau kamu mau beli mobil ini, ketahui dulu informasi lengkap tentang BMW E30 Indonesia, dari harga sampai spesifikasinya seperti di bawah ini.

Harga BMW E30 baru dan bekas

BMW E30 hadir di Indonesia dalam dalam dua varian yaitu M10 dan M40. Bicara soal berapa harga mobil BMW E30 bisa dilihat dulu apakah keluaran baru atau bekas.

Harga BMW E30 keluaran terbaru mulai dari Rp859 juta. Berbeda lagi dengan harga BMW Seri 3 dengan konfigurasi M-Sport yang berkisar di angka Rp1,009 miliar dan konfigurasi M3 Competition harganya mulai dari Rp2,059 miliar.

Mobil apapun, terlebih mobil mewah, harus dilindungi asuransi yang bisa mengcover biaya perbaikan. Beli asuransi mobil seharga Rp52 ribu per bulan bisa cover biaya perbaikan kerusakan mobil hingga lebih dari 75 persen, plus diskon hingga 25 persen kalau beli di Ollaramlan.com!

Lalu, untuk harga BMW E30 bekas disesuaikan dengan kondisinya, berikut ini kisarannya:

  • Rp15 juta hingga Rp100 juta untuk kondisi wajar. 
  • Rp12-30 juta untuk BMW E30 dengan kondisi paling jelek dan perlu ekstra waktu dan biaya untuk restorasi. 
  • Rp50 juta untuk harga BMW E30 bekas full ori tapi tidak terurus, cat belel, jok pecah-pecah berkisar 

Pajak BMW E30

Dengan harga mobil BMW yang cukup mahal hingga mampu menembus miliaran rupiah, bukan hal yang mengherankan kalau pajak mobil BMW cukup menguras kantong. Berikut ini adalah perhitungan pajak BMW E30:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB): Rp509,2 ribu
  • SWDKLLJ: Rp143 ribu
  • Total Pajak Tahunan: Rp652,2 ribu

Selain itu, mobil BMW juga akan dikenakan Pajak Progresif Mobil BMW Tahunan dengan tarif sebagai berikut:

  • Progresif 1: Rp751 ribu
  • Progresif 2: Rp903 ribu
  • Progresif 3: Rp1,055 juta

Eksterior BMW E3

BMW E30 mengusung 4 lampu bulat pada bagian depan yang salah satunya mengadopsi bohlam biasa. Lampu model tersebut adalah warisan pendahulunya yaitu BMW E21 yang merupakan generasi pertama dari BMW Seri-3.

Mobil ini sepertinya cocok buat kamu yang suka model atau jenis mobil retro mengingat tampilan lampu depannya. Oh iya, BMW E30 menjadi varian terakhir yang masih mengusung lampu bulat. Garis pada kap mesin dibuat menyatu dengan grill depan. Desain ini makin membuat BMW E30 lekat dengan kesan sporty. Gak ketinggalan, sepasang lampu sein ditambahkan di atas bumper.

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *