Yamaha Keluarkan Vinales dari MotoGP Austria 2021 – runganSport

1 min read


Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) MotoGP Red Bull Ring, Styria 2021 / runganSport Twitter © MotoGP.

Yamaha mengeluarkan Maverick Vinales dari MotoGP Austria akhir pekan ini, dengan alasan ‘Tindakan pembalap berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin, yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pembalap itu sendiri dan mungkin pembalap lain.’

Spielberg, runganSport — Menjelang balapan kedua di Red Bull Ring akhir pekan ini, sebuah pengumuman mengejutkan dirilis Yamaha MotoGP, mengungkapkan bahwa salah satu pembalapnya, Maverick Vinales telah ‘keluarkan’ dari keikutsertaannya Grand Prix Austria.

Alasannya karena Vinales mengendarai motor balapnya dengan cara yang tidak dapat dijelaskan selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu.

Keputusan tersebut menimbulkan keraguan serius tentang apakah Vinales tidak akan lagi membalap untuk Yamaha di sisa musim ini, setelah sebelumnya mereka setuju untuk berpisah pada akhir musim nanti.

Yamaha mengeluarkan Vinales dari balapan akhir pekan ini dengan asalan ‘analisis mendalam tentang telemetri dan data’ setelah balapan.

Yamaha menyimpulkan bahwa tindakan Vinales dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin motor YZR-M1-nya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pembalap itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi semua pengendara lain di balapan MotoGP

Menurut Crash, ada desas-desus dari sisi trek bahwa Vinales mungkin sengaja menghidupkan motor pada limiter di gigi kelima di sepanjang lintasan lurus utama daripada bergeser ke gigi enam.

Over-revving serupa mungkin juga terjadi ketika dia kembali ke garasi di akhir balapan, semua mungkin karena frustrasi dengan masalah teknis menimpanya.

Jika Vinales tidak kembali untuk sisa musim ini, Yamaha dapat menggunakan pembalap penguji mereka, Cal Crutchlow untuk balapan hingga akhir musim ini.

“Yamaha dengan menyesal mengumumkan bahwa keikutsertaan Maverick Vinales ke ajang MotoGP Austria akhir pekan ini telah ditarik oleh tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

Absennya itu menyusul penangguhan pembalap oleh Yamaha karena mengoperasikan motor balap yang tidak dapat dijelaskan oleh pembalap selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu.

Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam tentang telemetri dan data selama beberapa hari terakhir.

Kesimpulan Yamaha adalah bahwa tindakan pembalap dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin sepeda YZR-M1 miliknya yang dapat menyebabkan risiko serius bagi pembalap itu sendiri dan mungkin menimbulkan bahaya bagi semua pembalap lain di balapan MotoGP.

Pembalap tidak akan diganti di GP Austria.

Keputusan mengenai balapan di masa depan akan diambil setelah analisis situasi yang lebih rinci dan diskusi lebih lanjut antara Yamaha dan pembalap,” demikian bunyi pernyataan resmi dari Yamaha MotoGP.

Baca: Rossi Angkat Tangan Tak Bisa Kejar Kecepatan KTM Pedrosa

Atau jika diizinkan oleh Petronas, Rossi bisa naik menggantikannya sampai final Valencia nanti. (DN/eV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *