Kredit Motor Yamaha – Syarat, Ketentuan dan Simulasinya

4 min read

Memiliki sepeda motor menjadi kebutuhan primer diera sekarang. Terlebih dengan menggunakan sepeda motor semua aktivitas juga lebih efisien. Itulah sebabnya, sebagai salah satu cara memenuhi permintaan akan kendaraan bermotor, ada metode cicil berbagai merek. Salah satunya adalah kredit motor Yamaha.

Cicilan motor Yamaha menjadi salah satu yang paling diminati sebab harganya terjangkau juga DP ringan. Selain itu, ada juga sistem kredit Yamaha online yang juga ditawarkan di era seperti sekarang. 

Tapi apa saja syarat dan ketentuan mengajukan cicilan motor Yamaha? Untuk tahu informasi lengkapnya, simak dulu ulasan lengkap berikut ini.

Apa itu kredit motor Yamaha?

Kredit motor Yamaha adalah salah satu metode cicilan yang bisa digunakan untuk mendapatkan kendaraan bermotor impian kamu. Seperti namanya cicilan sepeda motor ini merupakan metode pembiayaan pada merek Yamaha saja.

Jadi, ketika kamu ingin mendapatkan kredit motor Yamaha sebenarnya bisa melalui berbagai perusahaan leasing, dealer resmi Yamaha maupun perusahaan pembiayaan kredit. Untuk tipe motor yang bisa dilakukan angsuran tentunya semua jenis tipe Yamaha, mulai dari cicilan Mio, Nmax, dan berbagai jenis lainnya. 

Selain itu, untuk mengajukan cicilan Yamaha kamu juga bisa datang langsung maupun secara online.

Syarat dan ketentuan kredit motor Yamaha

Seperti hanya kredit motor BCA, kredit motor pegadaian, cicilan leasing dan lain-lain tentunya ada syarat dan ketentuan jika ingin melakukan cicilan motor Yamaha. Untuk itu berikut syarat dan ketentuan ketika kamu berminat kredit motor Yamaha.

Syarat kredit Motor Yamaha

Ketika kamu berminat melakukan kredit motor Yamaha 2021 atau tahun ini maka wajib memenuhi beberapa persyaratan. Ada dua tipe persyaratan yang diberikan oleh Yamaha untuk melakukan kredit, yaitu persyaratan perorangan dan perusahaan.Untuk itu berikut beberapa persyaratan berdasarkan kriteria yang akan dipilih..

Persyaratan Perorangan

Jika kamu ingin mengajukan kredit motor Yamaha perorangan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut diantaranya adalah:

  1. Fotocopy kartu keluarga (KK).
  2. Fotocopy KTP pemohon dan penjamin. Untuk penjamin bisa pilih fotocopy istri atau suami atau penjamin yang bersedia.
  3. Dokumen lain sesuai ketentuan pihak Yahama yang terkait.

Persyaratan Perusahaan

Jika kamu memiliki sebuah perusahaan dan ingin mengajukan kredit motor Yamaha sebagai alat transportasi atau operasional para karyawan maka ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Persyaratan jika ingin mengajukan angsuran sepeda motor Yamaha perusahaan diantaranya adalah:

  1. Fotocopy akte pendirian perusahaan.
  2. Fotocopy KTP direksi dan komisaris perusahaan.
  3. Fotocopy akte perubahan perusahaan.
  4. Fotocopy SIUP, SITU atau domisili, dan TDP.
  5. Fotocopy rekening koran 3 bulan terakhir.
  6. Fotocopy NPWP pribadi.
  7. Fotocopy pengesahan kehakiman.

Ketentuan kredit motor Yamaha

Setelah kamu mengetahui persyaratan kredit sepeda motor Yamaha untuk perorangan maupun perusahaan, tentunya ada beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi. Ketentuan jika ingin melakukan cicilan motor merek Yamaha diantaranya adalah.

Harga

Hal yang juga kamu harus pahami mengenai kredit motor Yamaha adalah terkait ketentuan harga. Biasanya pihak Yamaha akan memberikan diskon untuk DP ataupun angsurannya ringan. Namun jangan sampai kamu memilih di luar rencana awal, sebab nantinya akan mengakibatkan angsuran bulanan juga lebih berat.

Selain itu daftar harga motor Yamaha yang tertera pada situs resmi sudah termasuk biaya asuransi kehilangan. Selain itu harga tersebut juga sudah termasuk administrasi, SNTK, dan lain-lain.

Proses kredit

Ketentuan proses kredit Yamaha juga mudah. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan tentunya akan diproses dalam 3 hari kerja. Mulai dari survey sampai dengan pengiriman. Dan untuk pembuatan STNK adalah 14 hari kerja.

Keamanan kredit Yamaha

Dalam hal keamanan pihak Yamaha juga bekerjasama dalam berbagai perusahaan pembiayaan, mulai dari perusahaan leasing, Mega Auto Finance, BAF Finance, dan lain-lain.

Kredit Motor Yamaha – Syarat, Ketentuan dan Simulasinya

Langkah pengajuan kredit motor Yamaha

Setelah kamu mengetahui tentang syarat dan ketentuan mengajukan kredit di Yamaha tentu akan bertanya-tanya bagaimana proses untuk mengajukannya. Kamu tidak perlu khawatir dan tenang saja, sebab langkah-langkah yang diberikan oleh pihak Yamaha sangat memudahkan customernya. 

Untuk itu berikut langkah yang harus kamu lakukan jika ingin kredit Yamaha:

  1. Biasanya kamu bisa menghubungi pihak marketing support untuk mengajukan cicilan motor Yamaha.
  2. Kemudian pihak marketing support akan jenis motor yang dipilih, DP kendaraan yang harus dibayarkan, dan tentunya tenor angsuran.
  3. Selanjutnya surveyor pihak perusahaan leasing biasanya akan mengkonfirmasi waktu untuk melakukan survei.
  4. Kemudian pihak surveyor akan memberikan berkas kredit yaitu perjanjian fidusia saat proses survei.
  5. Selanjutnya, pihak leasing akan memproses hasil survei dalam 1 atau 2 hari kerja.
  6. Setelah mendapatkan acc dari pihak leasing dan barang ready stock, biasanya barang akan dikirim dalam 1 ataupun 2 hari kerja.

Simulasi kredit motor Yamaha

Sebelum melakukan cicilan kendaraan bermotor akan lebih baik jika kamu menghitung simulasi kredit lebih dulu. Menghitung simulasi kredit di awal tentunya akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk melakukan perencanaan keuangan bulanan. Sebab nantinya, jika angsuran sepeda motor sudah berjalan, kamu harus pintar mengatur keuangan agar tidak terjadi penunggakan.

Sebab, ketika kamu telat membayar dari tanggal jatuh tempo, tentu akan dikenakan denda oleh pihak leasing. Jadi, akan lebih baik jika simulasi cicilan dihitung lebih awal. Kamu bisa menghitung simulasi cicilan pada website resmi Yamaha ataupun menggunakan kalkulator penghitungan dari Ollaramlan.com. Untuk itu berikut contoh simulasi cicilan motor Yamaha.

Produk Yamaha : NMAX 155 ABS

Harga OTR : Rp32.265.000

Down payment (DP) : Rp3.226.000 (10%)

Tenor : 12 bulan : Rp2.976.000

  : 24 bulan : Rp1.777.000

  : 36 bulan : Rp1.398.000

Kamu dapat menggunakan kalkulator bunga flat dari Ollaramlan.com berikut ini untuk menghitung sendiri berapa angsuran per bulan yang disesuaikan dengan bunga dan tenor. 

Cara Pembayaran kredit motor di Yamaha

Ketika kamu sudah menghitung simulasi cicilan dan mengambil tenor sesuai keinginan tentu tahap selanjutnya adalah membayar DP. Kamu bisa membayar DP melalui COD (Cash on Delivery) saat motor diantarkan ke rumah atau transfer melalui rekening (BCA, Danamon dan Mandiri). 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Namun, jika menggunakan kartu kredit kamu akan dikenakan biaya tambahan sebenar 3%.

Tips kredit motor Yamaha Gaji 3 jutaan

Memiliki gaji 3 jutaan dan ingin memiliki kendaraan bermotor tentu sah-sah saja. Sebab sepeda motor kini juga menjadi kebutuhan pokok untuk membantu mobilitas diri. Tapi bagaimana caranya gaji 3 jutaan bisa kredit motor Yamaha?

Kredit Motor Yamaha – Syarat, Ketentuan dan Simulasinya
Kredit Motor Yamaha – Syarat, Ketentuan dan Simulasinya

Sebenarnya cicilan motor Yamaha merupakan salah satu merek yang paling banyak diminati sebab harganya lebih terjangkau. Untuk itu kamu bisa menerapkan hal-hal berikut ini agar bisa melakukan cicilan motor Yamaha.

1. Pelajari jenis motor yang diinginkan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mempelajari jenis motor yang diinginkan. Sebab, usahakan membeli motor sesuai kebutuhan dan jangan menuruti keinginan. Pertimbangkan juga biaya perawatan motor jika kamu memilih jenis tersebut.

Kalau kamu ingin melakukan kredit motor Yamaha dengan budget minim ada baiknya memilih jenis Mio Z karena harganya masih terjangkau daripada tipe lainnya.

2. Tentukan cara pembayaran

Cara selanjutnya adalah menentukan cara pembayaran. Sebab kalau kamu menabung akan terlalu lama mendapatkan motor impian pilihannya adalah cicil motor. Tapi usahakan sudah menghitung simulasi kredit lebih dulu. 

Hal ini disebabkan, bisa saja kamu mampu membayar DP motor Yamaha dengan minimal Rp500.000 saja. Tapi untuk cicilan per bulannya juga akan lebih berat. Untuk itu perhitungkan semuanya dengan matang lebih dulu.

3. Menabung dan investasi

Sebenarnya jika kamu tidak membutuhkan kendaraan bermotor dalam keadaan mendesak menabung dan investasi bisa jadi pilihan. Jadi, kamu bisa menyisihkan ⅓ dari gaji untuk ditabung. 

Selain itu, agar uang tersebut tidak raib dan bisa berkembang, kamu juga bisa memasukkannya dalam berbagai investasi. Tapi, jangan lupa pelajari dulu jenis investasi yang kamu lakukan. Sebab bisa saja menawarkan bunga yang menggiurkan tapi malah penipuan.

Itulah ulasan lengkap mengenai syarat kredit motor Yamaha. Kamu bisa mempertimbangkan jenis dan tipe sesuai kebutuhan. Jangan lupa hitung simulasi kredit lebih dulu ketika kamu mulai ingin mengambil cicilan motor apapun. 

Sebab, DP dan tenor yang kamu pilih nantinya akan berpengaruh kepada angsuran bulanan yang harus dibayarkan. Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk pinjaman tunai dan usaha lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Ollaramlan.com!

Pertanyaan seputar kredit motor Yamaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *