Honda Terpuruk KTM Melesat, Semua Rahasia Ternyata di Pedrosa – runganSport

1 min read


Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) MotoGP Catalunya, Spanyol 2021 / runganSport © Twitter/DAZN.

Kesalahan terbesar Honda adalah melepas Dani Pedrosa di ujung 2018 lalu.

Chicago, runganSportDalam dua balapan terakhir ini, MotoGP Italia dan MotoGP Catalunya, pabrikan Australia KTM tampil sebagai kejutan baru.

Tidak benar-benar baru, lebih tepatnya mereka kembali kompetitif setelah sempat sedikit terseok-seok di awal 2021.

Lewat pembalap Portugal, Miguel Oliveira, tim resmi Red Bull KTM Factory Racing berhasil mengemas podium Mugello dan merampas kemenangan Catalunya.

Kejayaan di Catalunya tak hanya sekedar kemenangan perdana tahun ini, lebih dari itu KTM mengonfirmasi kinerja dan kemajuan mereka dalam bersaing.

Sementara salah satu saingannya, Repsol Honda masih belum mampu bangkit.

Di kala KTM mulai menunjukkan perkembangan pesat dan memertahankannya, Honda sampai sekarang masih terlihat lemah dan jauh dari harapan bangkit.

Jurnalis balap motor, Dennis Noyes dan Judit Florensa yang menganalisa balapan GP Catalan dalam edisi baru podcast “Cinta Americana”, berbicara tentang peran penting pembalap Spanyol, Dani Pedrosa.

Pedrosa menurut Noyes menjadi kesalahan bagi Honda dengan melepasnya, menyaksikan bagaimana hasilnya di balik layar KTM kini.

Kejutan besar akhir pekan MotoGP Catalunya jelas Oliveira, yang membawa KTM ke tangga juara.

“Oliveira menunjukkan kecepatan yang sama dalam balapan seperti pada hari-hari sebelumnya, sesuatu yang tidak dilakukan Quartararo.

Entah bagaimana semua Yamaha sepertinya punya ritme yang lebih rendah daripada di FP4,” kata Noyes menganalisis balapan MotoGP Catalan dalam edisi baru podcast “Cinta Americana”, sebagaimana dimuat Motosan.

“Itu adalah balapan terbaik yang telah dia (Oliveira) lakukan dalam tiga kemenangan yang dia miliki, dia memimpin balapan dan dia menjaga ban tetap awet.” sambungnya.

KTM memang sempat meredup di awal musim ini, tapi mereka bisa bangkit dengan segera, setelah podium di Italia, sekarang mereka melanjutkan tren positif dengan kemenangan di Catalunya.

Pabrikan Austria itu telah mengkonfirmasi kepada kami bahwa mereka masih di sini, masih kompetitif dan berjalan dengan sangat baik.

“Saya pikir sekarang saya tahu kesalahan terbesar yang dibuat Honda adalah membiarkan Pedrosa pergi.

Baca: Media Spanyol Bocorkan Rossi Pensiun Pertengahan Tahun 2021 Ini

KTM memiliki ciri khas Honda, menang di bawah pengereman, punya akselerasi yang sangat bagus dan tidak jauh di belakang Ducati dalam hal kecepatan,” terang Noyes. (DN/eV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *