15 Cara Cepat Melunasi Utang yang Benar-Benar Efektif

1 min read

Banyak cara cepat melunasi utang yang bisa kita lakukan agar terbebas dari utang yang melilit dan merdeka secara finansial. Bahkan, beberapa caranya sangat mudah untuk kita lakukan sehingga utang bisa cepat lunas deh

Sebenarnya, kunci dari melunasi utang yang menumpuk hanya satu, yaitu disiplin. Disiplin dalam membuat rencana keuangan hingga menjalankannya.

Hindari melakukan ‘gali lubang-tutup lubang’ karena hal tersebut malah akan membuat utang semakin bertambah banyak dan tidak pernah habis.

Selamatkan masa depanmu dari hutang yang menumpuk dengan asuransi kredit yang bisa memberikan perlindungan gagal bayar karena hal-hal tertentu.

Berikut ini cara melunasi hutang dengan cepat dan halal yang telah Ollaramlan.com  rangkum. Simak baik-baik, ya!

1. Hitung seluruh utang

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghitung berapa total utang yang harus kita lunasi. Idealnya, pos pengeluaran yang digunakan untuk membayar utang gak lebih dari 30 persen dari total penghasilan kita setiap bulannya. 

Jika melebihi 30 persen dari penghasilan, artinya kita memiliki utang gak sehat dan harus segera kita lunasi. 

 2. Terbuka soal utang

Memang gak banyak orang yang mau bicara terbuka soal kondisi keuangannya, apalagi yang sedang berutang. Biasanya kepala keluarga enggan bicara terbuka soal utang di depan keluarga karena dianggap sebagai hal yang tabu.

Sebaiknya, bicarakan saja secara terbuka karena dengan begitu siapa tahu keluarga bisa menemukan solusi yang tepat untuk melunasinya.

3. Kenali jenis-jenis utang

Jenis utang bermacam-macam, ada yang disebut utang konsumtif dan produktif. Perbedaannya, utang konsumtif digunakan untuk kebutuhan konsumsi, seperti membeli jam tangan atau handphone.

Sementara utang produktif adalah dana pinjaman yang dapat meningkatkan pendapatan atau penghasilan yang kita miliki. Misalnya, membeli keperluan kantor atau merenovasi rumah untuk meningkatkan nilai jual dari properti kita. 

… KLIK UNTUK BACA SELENGKAPNYA →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *